Hati – Hati Spatu Flat Dapat Menyebabkan Tubuh Tidak Sehat

Hati - Hati Spatu Flat Dapat Menyebabkan Tubuh Tidak Sehat

Banyak wanita yang beranggapan bahwa sepatu flat tidak menyimpan bahaya kesehatan. Namun nyatanya sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan bahwa pemakaian sepatu flat juga bisa mengundang bahaya kesehatan.

Wanita merupakan makhluk yang selalu memperhatikan penampilan. Mereka ingin terlihat gaya dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mereka juga selalu bisa menemukan cara untuk terlihat lebih stylish. Contohnya ketika mereka lelah menggunakan sepatu hak tinggi, maka mereka kana memilih untuk menggunakan sepatu flat atau sepatu datar.

“Tanpa disadari, penggunaan sepatu flat bisa menimbulkan bahaya kesehatan jika dipakai dalam jangka waktu panjang. Para chiropodists menemukan bahwa sepatu flat seringkali terasa ketat dan bisa merusak susunan otot lutut, memutar pergelangan kaki, serta menimbulkan ketegangan di tendon,” terang Mike ONeill, konsultan di Society of Chiropodists and Podiatrists, Inggris. “Sedangkan podiatris juga mengemukakan bahwa akhir-akhir ini banyak wanita yang terkena plantar fasciitis, kondisi di mana kaki Anda terasa sangat sakit yang terjadi karena peradangan pada jaringan pita tebal yang membentang di antara tumit dan lengkungan kaki.”

“Mengenakan sepatu yang datar dan ketat justru akan membuat kaki Anda semakin tertekan. Lengkungan kaki Anda tidak bisa menahan beban yang terlalu berat. Namun ketika Anda mengenakan sepatu flat, bagian dari kaki ini menerima beban yang sama dengan tumit kaki,” ujar Cyril Rauch, peneliti dari University of Nottingham menambahkan. “Hal ini ditambah lagi dengan risiko kuku yang tumbuh ke dalam atau kaki kapalan yang biasanya terjadi pada pemakai sepatu datar.”

“Oleh karena itulah kami menyarankan Anda agar memakai sepatu yang nyaman dan tidak terlalu datar. Setidaknya ada hak kecil setinggi 3 cm di sepatu yang akan Anda kenakan. Sebab sepatu jenis ini justru tidak membahayakan kesehatan Anda,” saran Rauch.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*