BMKG : "Curah Hujan Puncaknya Sekitar 14 Februari” - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

BMKG : “Curah Hujan Puncaknya Sekitar 14 Februari”

on

MENDUNG JAKARTASapujagat.com -Hingga saat ini, hujan deras masih mengguyur beberapa wilayah di Jakarta. Traffic Management Center Polda Metro Jaya melansir ketinggian air di Pintu Air Manggarai 770 cm, Depok 125 cm, Katulampa 40 cm.

Di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat, juga terdapat beberapa titik genangan air. Saat ini, ketinggian banjir di depan Istana Negara sudah mencapai 20 sentimeter (cm), Senin (9/2/2015).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kawasan Jakarta dan sekitarnya memasuki puncak musim hujan pekan ini. Sepanjang malam tadi hingga pagi ini, Senin (9/2), hujan deras mengguyur ibu kota sehingga menyebabkan sejumlah wilayah terendam air.

“Puncak musim hujan di Jakarta berlangsung pertengahan hingga minggu ketiga Februari. Setelah itu Maret-April, Jabodetabek memasuki musim pancaroba,” kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya kepada CNN Indonesia.

Secara terpisah, Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Kukuh Ribudiyanto juga mengeluarkan pernyataan serupa. Menurutnya, intensitas curah hujan di Jakarta akan tinggi pada pertengahan bulan ini. “Puncaknya sekitar 14 Februari,” kata dia.

Menurut Kukuh, distribusi awan di langit Jakarta saat ini masih cukup banyak. Hal tersebut juga disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dalam keterangan tertulis. “Dari satelit, terlihat sel-sel awan besar di barat Jakarta,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Ada 342 zona musim

Kepala BMKG Andi Eka Sakya mengatakan puncak musim hujan di berbagai daerah di Indonesia berbeda-beda. Bila hari ini Jakarta dan kawasan sekitarnya dilanda hujan lebat, belum tentu demikian halnya dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Indonesia punya 342 zona musim. Jakarta sekarang masuk puncak musim hujan, tapi ada daerah lain yang bahkan masih musim kemarau, belum terkena banjir,” kata Andi.

Di Pulau Sumatera seperti Riau misalnya, ujar Andi, curah hujan justru telah berkurang. Mayoritas daerah di Indonesia akan memasuki musim pancaroba pada Maret-April.

Masyarakat Jakarta dihimbau untuk selalu waspada. Hujan berpotensi masih terjadi dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jabodetabek. Hati-hati melintasi daerah banjir. Matikan listrik di rumah jika tergenang listrik.

Recommended for you