Menyusun Rencana, ISIS Berencana Culik Lebih Banyak Warga Barat - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Menyusun Rencana, ISIS Berencana Culik Lebih Banyak Warga Barat

on

Kurdish Peshmerga fighters pose near a wall on which the black flag commonly used by Islamic State militants has been painted over, in Zumar, after taking the town from Islamic StateSapujagat.com – Kepada CNN, sumber-sumber keamanan di perbatasan Turki-Suriah, memberitakan ISIS telah menyusun rencana menculik orang-orang Eropa dan AS untuk digunakan dalam video propaganda.

“Mereka berencana masuk ke Lebanon dan Yordania, dan kembali ke Suriah dengan warga Eropa dan AS untuk dijadikan sandera,” ujar salah satu sumber militer.

ISIS mengklaim bahwa serangan udara yang diluncurkan Yordania di luar kota Raqqa, Irak, pada Jumat (6/2) telah menewaskan seorang sandera wanita Amerika Serikat bernama Kayla Mueller. Kayla, seorang pekerja kemanusiaan dilaporkan hilang di Suriah pada Agustus 2013 lalu.

Banyaknya pengungsi yang keluar dari Suriah menuju Lebanon dan Yordania bisa menjadi sarana penyamaran bagi anggota ISIS agar aman melintasi perbatasan. ISIS juga diduga kuat tengah mencoba untuk menangkap para pekerja bantuan di kamp-kamp pengungsi.

Menurut Letnan Kolonel Rick Francona, pensiunan pilot dan mantan atase militer AS di Suriah, hingga saat ini masih terdapat banyak simpatisan ISIS di Yordania utara, yang berbatasan langsung dengan Suriah.

“Perbatasan tersebut mudah disusupi,” kata Francona.

Ansar Bait al-Maqdis, kelompok bersenjata yang berafiliasi ke ISIS, juga berniat menangkan sandera Barat untuk diserahkan ke ISIS di Suriah. Militan lain juga akan menculik sandera Barat untuk dijual ke ISIS.

Letkol Rick Francona, pensiunan pilot dan mantan atase militer AS di Suriah, mengatakan ada banyak simpatisan ISIS di utara Yordania.

ISIS kini tidak punya sandera Barat lagi. Mereka harus mencari, agar propaganda kekerasan lewat video tidak terputus.

Recommended for you