Jokowi Anggap Brunei Punya Arti Penting, Indonesia-Brunei Jalin Kerja Sama Kesehatan dan Perdagangan

jokowi dan sultan brunei jalin kerja samaSapujagat.comPresiden Jokowi menyatakan, Brunei memiliki arti penting bagi Indonesia dan Jokowi mengaku beruntung memiliki mitra seperti Sultan Hassanal Bolkiah, yang sangat dicintai rakyatnya. Jokowi berharap Sultan Bolkiah dapat hadir dalam Konferensi Asia Afrika dan 10 tahun New Asia Afrika di Bandung 22-24 april 2015.

“Bagi Indonesia, Brunei punya arti penting. Karena menjadi negara pertama yang saya kunjungi dalam rangkaian kunjungan saya sebagai presiden. Saya merasa sangat beruntung memiliki mitra seperti Sultan Hassanal Bolkiah yang sangat dicintai rakyat Brunei. Dan saya yakin wawasan Brunei 2035 dapat dicapai di bawah kepemimpinan yang mulia,” ujar Jokowi di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Minggu, (8/2/2015).

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi turut mengundang Sultan Hassanal Bolkiah untuk datang dalam konferensi Asia-Afrika yang diadakan di Jakarta dan Bandung pada akhir April 2015 mendatang.

“Saya juga berharap, yang mulia dapat hadiri acara konferensi Asia- Afrika dan yang di Bandung 22-24 April 2015 mendatang,” ucap Jokowi.

Dalam pertemuan dengan keluarga kerajaan tersebut, Jokowi mengucapkan selamat hari jadi Negara Brunei Darussalam. Presiden berharap, di bawah kepemimpinan Sultan Hassanal Bolkiah, rakyat Brunei dapat semakin sejahtera.

“Saya ucapkan hari kebangsaan Brunei ke-31 pada 23 februari 2015. Saya doakan Brunei dikaruniai kedamaian, kesejahteraan, stabilitas di bawah kepemimpinan yang mulia,” ucap Jokowi.

Kehadiran Presiden Joko Widodo di Brunei Darussalam diharapkan semakin mempererat hubungan baik antara kedua negara dan semakin meningkatkan kerja sama dalam beberapa bidang. Indonesia dianggap sebagai negara sahabat yang baik, karena persahabatan ini terjalin berdasarkan ikatan ulama, sejarah dan budaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah dalam jamuan makan malam kenegaraan bagi Presiden Jokowi di Istana Nurul Iman, Sabtu malam (7/2/2015), sebagaimana dilaporkan oleh wartawan Radio Sonora, Liliek Setyowibowo, dari Brunei Darussalam. “Kami pemerintah Brunei dan pemerintah Indonesia akan senantiasa bekerja sama demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat dua negara,” kata Sultan Bolkiah.

Kerja sama antar kedua sudah dilakukan dalam bidang ekonomi, tenaga kerja, pertahanan dan pendidikan. Sultan mengatakan, kedua negara dapat menambah kerja sama di bidang baru yang akan disusun kembali. Dalam pertemuan itu, pemerintah kedua negara sepakat untuk saling bekerja sama dalam bidang kesehatan dan perdagangan.

Pada kesempatan ini pula, Sultan meminta kepada Presiden Jokowi membuka rute penerbangan dari Brunei menuju Jakarta, Surabaya dan Bali. Ini dimaksudkan untuk mempermudah perjalanan masyarakat antar kedua negara.

“Ini tidak hanya menyumbangkan sektor ekonomi dan pariwisata, tetapi juga mempermudah proses masuknya WNI ke Brunei untuk bekerja,” kata Sultan.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*