Berniat Kembangkan Mobil Buatan Negeri, Jokowi Datangi Perusahaan Proton - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Berniat Kembangkan Mobil Buatan Negeri, Jokowi Datangi Perusahaan Proton

on

Berniat Kembangan Mobil Buatan Negeri, Jokowi Datangi Perusahaan Proton

Nota kesepahaman antara Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari menetapkan kerja sama untuk proyek mobil nasional Indonesia. Menurut Paultan, Proton akan membantu mengembangkan proyek itu. Studi kelayakan akan segera dilakukan, termasuk aspek teknis dan komersial. Studi itu juga melihat bagaimana potensi pengembangan dan pembuatan mobil nasional di Indonesia.

Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari juga merencanakan lokalisasi, pembelian, teknik pembuatan, desain kegiatan, layanan logistik, studi pasar, dan proses relevan lainnya.

Namun, masih mengutip Paultan, nota kesepahaman itu baru menyiratkan niat kerja sama. Perjanjian itu belum mengikat. Selanjutnya, Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari akan menandatangani lagi perjanjian join-venture untuk proyek yang diusulkan.

Setelah mantan Presiden Soeharto menetak nasib PT Timur Putra Nasional (PTN) di akhir kepemimpinannya, sebentar lagi Indonesia akan kembali memiliki proyek mobil nasional. Mobil produksi Malaysia, Proton baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan PT Adiperkasa Citra Lestari, perusahaan otomotif asal Indonesia, Jumat (6/2).

Situs otomotif Malaysia, Paultan memberitakan, nota kesepahaman itu ditandatangani oleh CEO Proton, Datuk Abdul Harith Abdullah yang disaksikan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim dan CEO PT Adiperkasa Citra Lestari, Abdullah Mahmud Hendropriyono yang disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno.

Ikut hadir dalam penandatanganan itu, Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak, Komisaris Proton, Tun Dr Mahathir Mohamad, dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Jokowi memang sedang menjalani kunjungan kenegaraan di Malaysia selama tiga hari.