Tanggapan Pihak Komjen Budi Perihal Komjen Budi Batal Dilantik Presiden Jadi Kapolri - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Tanggapan Pihak Komjen Budi Perihal Komjen Budi Batal Dilantik Presiden Jadi Kapolri

on

Budi Gunawan gagal di lantik jokowi

Sapujagat.com – Ditengah pro-kontra pelantikan Komjen Budi Gunawan, Selasa (3/2) kemarin, sebelum Presiden memanggil sejumlah Jenderal, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyarankan agar Budi Gunawan segera mundur dari bursa Kapolri.

Menurut Pratikno, harus ada solusi atas dilema politik dan hukum yang terjadi dalam proses pengisian Kapolri. Pratikno juga berharap presiden segera mengambil keputusan soal Kapolri.

Praktis sehari kemarin, ada isu santer bahwa Jokowi ingin membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Kabarnya presiden sedang mencari nama baru calon Kapolri. Apakah ini yang disampaikan Jokowi ke Hendropriyono? Hal tersebut sama misteriusnya dengan sosok calon Kapolri baru yang akan diusulkan Jokowi ke DPR.

Bahkan sejumlah elite politik di Jakarta mengatakan, pernyataan Mensesneg Pratikno bisa sebagai sinyal kuat Presiden Jokowi bakal membatalkan pelantikan Komjen Budi yang juga mantan ajudan Megawati itu jadi Kapolri. “Tentu saja sangat indah kalau misalnya justru, misalnya Pak BG mundur. Itu kan selesai. Kalau tidak mundur berarti ada dilema antara politik dan hukum yang harus diselesaikan,” kata Pratikno kepada wartawan di Istana Negara, Selasa (3/2) sekitar pukul 11.30 WIB.

Disamping itu Komjen Budi Gunawan belum mau bersikap soal keputusan presiden itu. Budi masih menunggu proses praperadilan yang tengah berjalan.

“Saya sendiri belum tahu soal keputusan presiden itu, namun sudah kami sepakati bahwa Pak BG akan menentukan sikap menunggu proses praperadilan,” kata pengacara Budi Gunawan, Maqdir Ismail saat berbincang, Kamis (5/2/2015).

Namun, Maqdir menyayangkan sikap Jokowi yang telah mengambil keputusan sebelum keputusan praperadilan. Padahal menurut Maqdir, seharusnya presiden bisa menghargai proses hukum yang tengah diupayakan kliennya.

“Seharusnya presiden bersabar dulu menunggu praperadilan lah, jangan mendengarkan banyak permintaan orang,” tutur Maqdir.

Budi Gunawan hingga kini belum akan menentukan sikap terkait pencalonannya sebafai Kapolri. Mantan ajudan Megawati itu juga belum mempertimbangkan untuk mengundurkan diri seperti yang disarankan Mensesneg Pratikno.

“Keputusan apapun yang akan diambil, harus menunggu praperadilan,” tegas Maqdir.

Recommended for you