Produk Elektronik Ini Lecehkan TKI di Malaysia

iklan di malaysia lecehkan tki indonesiaSapujagat.com -Muncul sebuah iklan robot pembersih di Malaysia yang melampirkan tagline ‘Fire Your Indonesian Maid’ atau kurang lebih berarti ‘pecat pembantu asal Indonesia Anda’. Hal ini disebut sebagai cambukan untuk Indonesia oleh anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka.

“Saya yakin Trilayak Rakyat Pekerja (kerja layak, upah layak, hidup layak) tak akan sekedar jadi janji kampanye bagi Presiden Jokowi. Pengiriman TKI tak boleh jadi solusi, ciptakan lapangan kerja dalam negeri tetap harus jadi prioritas. Saatnya janji jadi bukti,” ujar Rieke dalam keterangan tertulis, Rabu (4/2).

Perwakilan pemerintah Indoneisa di Kuala Lumpur, Malaysia, mempertimbangkan untuk menempuh jalur hukum terkait dengan iklan produk elektronik yang dinilai melecehkan TKI di Malaysia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir saat berbincang dengan detikcom, Selasa (3/2/2015) malam.

“Hari ini lawyer KBRI bertemu membicarakan opsi jalur hukum,” kata Arrmanatha.

Pihak yang memasang iklan adalah sebuah perusahaan asing yang berada di Malaysia, maka KBRI meminta Kementerian Luar Negeri Malaysia untuk menyampaikan nota diplomatik.

“Ini agar pihak swasta di Malaysia tidak melewati batasan etika,” beber Tata.

Pemerintah RI seharusnya bisa bersikap tegas kepada pemerintah Malaysia supaya hal serupa tak lagi terulang. Di saat bersamaan, Indonesia harus memperkuat industri sehingga terbuka lapangan kerja yang luas di negeri sendiri.

“Rakyat kami memang banyak yang menjadi PRT di Malaysia, tapi mereka bekerja pada warga Malaysia, bukan mengemis. Tak ada paksaan untuk mempekerjakan rakyat kami. Jika ada persoalan dengan beberapa PRT kami, tentu harus ada penyelesaian, secara adil, dua belah pihak saling lakukan otokritik. Perlakukan hukum yang sama terhadap rakyat kami yang ada di Malaysia dan tak ada diskriminasi hak-haknya sebagai pekerja,” ujar Rieke yang ditujukan untuk pemerintahan Malaysia.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*