Setelah Di Periksanya Sutan Bhatoegana Selama 8 Jam, KPK Bui Kan Sutan Bhatoegana - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Setelah Di Periksanya Sutan Bhatoegana Selama 8 Jam, KPK Bui Kan Sutan Bhatoegana

on

Setelah Di Periksanya Sutan Bhatoegana Selama 8 Jam, KPK Bui Kan Sutan Bhatoegana

Penetapan Sutan sebagai tersangka merupakan hasil pengembangan kasus suap SKK Migas yang menjerat mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini. Dalam amar putusan 29 April lalu, majelis hakim menyebutkan, Rudi pernah menyerahkan USD200.000 kepada Sutan.

Uang itu merupakan bagian dari suap yang diberikan Komisaris Kernel Oil Pte Ltd Simon Gunawan Tanjaya kepada Rudi. Suap diberikan Simon melalui Deviardi. Penerimaan uang oleh Rudi karena didesak membantu Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Waryono Karno memuluskan pembahasan anggaran ESDM di Komisi VII DPR.

Akibat tindakannya, Sutan disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan politikus Partai Demokrat Sutan Bhatoegana. Sutan ditahan setelah diperiksa penyidik selama sekitar delapan jam.

Sutan meninggalkan Gedung KPK pukul 1845 WIB, dengan mengenakan rompi berwarna orange, dan didampingi tiga orang petugas KPK, Senin (2/2/2015).

Sebelum diperiksa penyidik KPK pagi tadi, Sutan mengaku siap bila harus ditahan. Sutan tiba di Gedung KPK pukul 09.55 WIB. Ia tampak ditemani beberapa pengawal. Hanya sedikit komentar yang keluar dari mulut pria yang dikenal dengan kata ‘ngeri-ngeri sedap’ itu.

Sutan akan diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Kementerian ESDM tahun 2013. Ia diduga menerima hadiah atau janji yang berkaitan dengan pembahasan APBN Perubahan saat menjabat selaku Ketua Komisi VII DPR 2009-2014.

Sutan tak menjawab sejumlah pertanyaan yang ditujukan kepadanya. Dia hanya mengatakan akan mengikuti prosedur hukum yang berlaku. “Kita ikuti prosedur,” ucap Sutan sambil menaiki mobil tahanan KPK.

Recommended for you