Negara Venezuela Berhasil Tembak Jatuh Pesawat Pembawa Narkoba

Negara Venezuela Berhasil Tembak Jatuh Pesawat Pembawa Narkoba

Sejak Mei 2012, Venezuela mengesahkan undang-undang tentang perlindungan wilayah udara yang mengijinkan kebijakan ‘tembak-jatuh’ bagi pesawat yang diduga membawa narkoba.  Venezuela mengklaim upaya tersebut dilakukan untuk menghentikan aliran perdagangan narkoba dari Kolombia dan Amerika Selatan.

Desember lalu, Angkatan bersenjata Venezuela menembak jatuh dua pesawat tak dikenal yang melanggar wilayah udara negara itu. Menteri Pertahanan Venezuela, Vladimir Padrino Lopez bahkan mengunggah foto dari dua pesawat ringan yang ditembak jatuh tanpa menjelaskan nasib krunya.

Pemerintah Venezuela menembak jatuh sebuah pesawat sipil yang diduga membawa narkoba, setelah pesawat tersebut mengabaikan komunikasi saat lepas landas pada Jumat (30/1).

Pesawat yang diperkirakan berpenumpang tersebut ditembak jatuh di lepas pantai Karibia, dekat pulau Aruba. Terkait hal ini, pemerintah Vanezuela membantah telah melakukan pelanggaran di wilayah udara internasional.

Menteri Pertahanan Vladimir Padrino menyatakan bahwa pesawat yang sempat mendarat di negara bagian Apure, ditembak jatuh setelah mengabaikan komunikasi saat lepas landas.

“Tentu saja (pesawat) itu tidak mematuhi aturan dan mengabaikan perintah, sehingga (pesawat itu) ditembak jatuh pada 25 mil (40km) sebelah timur laut dari Pangkalan Militer Josefa Camejo, yang merupakan wilayah perairan kami,” kata Padrino, dikutip dari Reuters, Sabtu (31/1).

Pihak berwenang di Aruba, sebuah pulau semi-otonom yang merupakan bagian dari kerajaan Belanda, menyatakan bahwa pesawat yang dikejar oleh jet militer Venezuela jatuh di lepas pantai. Puing pesawat bercampur dengan korban tewas dan paket obat terlihat menggenangg di atas air.

Padrino tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait jumlah korban tewas, tipe pesawat yang jatuh, maupun jumlah narkoba yang diduga dibawa dalam pesawat tersebut.

 

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*