Tambahan Kartu Putih Dalam Sepak Bola, Ide Unik dari Platini

Tambahan Kartu Putih Dalam Sepak Bola, Ide Unik dari Platini

Berbicara di Dubai International Sports Conference, Minggu (28/12), Platini mengungkapkan, “Kartu putih adalah inisiatif baru. Ini berhubungan dengan tindakan para pemain seperti diving, bersandiwara, kritikan berlebihan di lapangan, serta hal-hal yang tidak diterima semua pihak yang mencintai permainan ini,” ucap Platini.

Fungsi dari kartu putih menurut Platini ialah kartu yang digunakan untuk menghukum pemain saat melakukan tindakan tak terpuji di lapangan. Tindakan tersebut diantaranya seperti mengucapkan kata-kata kasar, bersandiwara di lapangan, diving, dan lainnya.

Ide cukup unik dikemukakan Presiden UEFA, Michel Platini belum lama ini. Orang nomor satu di ranah pesepakbolaan Eropa tersebut menyuarakan ide untuk memperkenalkan penggunaan kartu putih dalam dunia sepak bola.

“Kartu kinung tetap ada, tapi mungkin lebih menarik jika memiliki kartu lain. Kartu putih akan mengeluarkan pemain beberapa menit, mungkin lima atau sepuluh menit.”

“Ini adalah cara yang efektif untuk fans yang tidak mau melihat tindakan tak terpuji itu. Kartu putih pun tidak memiliki suspensi. Saya pikir kita harus belajar dari cabang olahraga lainnya seperti rugby, yang telah menggunakan sistem ini,” lanjutnya.

Namun, ide unik Platini ini nampaknya belum mendapat restu dari Presiden FIFA, Sepp Blatter. Dirinya beranggapan ide Platini tersebut belum diperlukan pada aturan baku yang telah lama ada di sepak bola.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*