Pohon Besar Baobab Seharga Rp 750 Juta Per Pohon Akan Hiasi DKi Jakarta

jakarta beli pohon baobabSapuajagat.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mendatangkan pohon baobab dari Afrika. Rencananya, Pemprov DKI Jakarta akan menambah jumlah pohon baobab di Taman Waduk Ria Rio, Pedongkelan, Jakarta Timur. Penambahan ini dilakukan dalam rangka mempercantik taman tersebut. Selama ini di taman tersebut sudah ada satu pohon baobab yang ditanam sejak 2013 lalu saat revitalisasi waduk di lakukan.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Nandar Sunandar menganggap wajar harga satu pohon baobab sebesar Rp750 juta. Selain bagus, pohon ini adalah salah satu pohon langka di dunia.

Pohon berukuran raksasa ini didatangkan dari Afrika. Karena itu Nandar menilai cukup masuk akal harga pohon ini bisa mencapai Rp 750 juta per pohon. “Harganya mahal karena itu sudah termasuk ongkos transportasi dan garansi jaminan hidup,” kata Nandar saat dihubungi CnnIndonesia, Kamis (29/1).

Berikutan ulasan mengenai keistimewaan pohon baobab

Pohon baobab berasal dari genus Adansonia yang memiliki sembilan spesies pohon. Sebanyak enam spesies endemik di Madagaskar, dua lagi adalah asli dari Afrika dan Semenanjung Arab, dan satu spesies berasal dari Australia.

Pohon yang mampu mencapai ketinggian 47 meter dan diameter batang 15 meter ini diberi nama Adansonia sebagai penghormatan kepada Michel Adanson, naturalis Prancis yang pertama kali mendeskripsikan Adansonia digitata.

Pohon baobab juga disebut “Pohon Kehidupan” dengan alasan yang baik. Pohon ini bisa menjadi tempat berteduh, dijadikan pakaian, makanan, dan sumber air bagi manusia maupun hewan yang hidup di padang savana Afrika yang panas.

Tapi, selain itu, ada satu unsur lagi pada pohon ini yang menarik, yaitu buahnya. Seperti dilansir theguardian.com pada Sepember tahun lalu, minat terhadap buah baobab sedang meningkat di beberapa negara, termasuk Inggris. Buah baobab sudah masuk ke pasar buah Eropa sejak 2008.

Di Eropa, buah baobab dikategorikan sebuah buah super, bersanding dengan quinoa, bluberi, dan kale. Daging buahnya mengandung vitamin C lebih banyak ketimbang jeruk, kalsium lebih tinggi ketimbang susu, potasium lebih banyak ketimbang pisang, dan magnesium yang lebih banyak ketimbang bayam, serta zat besi yang lebih banyak dari daging merah.

Ada berbagai mitologi yang menyertai pohon ini. Di Afrika, ada mitologi yang menyebut bahwa awalnya ranting dan dedaunan pohon yang rimbun dan lebar itu adalah akar baobab. Sebelumnya pohon ini sering menggerutu dan iri pada kecantikan pepohonan lain karena ia berdaun hanya sedikit serta tak berbunga. Marah mendengar gerutu tiada habis itu, dewa pun mencabutnya lantas menanamnya terbalik.

Apakah alasan Pemprov DKI Jakarta membeli baobab yang mahal jauh-jauh dari Afrika karena buahnya yang bergizi? Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Nanda Sunandar, mengatakan pohon baobab diharapkan mempercantik taman di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.

Pohon ini disebut istimewa karena bisa bertahan hidup hingga puluhan tahun.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan dirinya menyetujui rencana pembelian pohon seharga Rp 750 juta, dengan catatan tidak terjadi penggelembungan harga atau perubahan jenis pohon yang dibeli.

Menurut Ahok, keberadaan pohon unik di taman-taman Jakarta dapat menambah daya tarik tersendiri. Ia berharap dengan mempercantik taman, maka warga Jakarta maupun wisatawan asing terus berdatangan.

Nandar sendiri tidak mengetahui secara pasti teknis pembelian maupun pengiriman pohon ini. Hal ini dikarenakan untuk detil urusan pengadaan diserahkan pada dua badan usaha milik daerah yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Pulomas Jaya.

Menurut Nandar, tanaman baobab ini istimewa lantaran bisa bertahan hidup hingga puluhan tahun. Namun mengenai kepastian kapan pohon tersebut akan didatangkan, dirinya mengaku belum mengetahuinya.

“Kalau memang jadi datang, kami siap merawatnya,” tuturnya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*