5 Universitas di Indonesia Jadi Universitas Terbaik Menurut Survei Dunia - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

5 Universitas di Indonesia Jadi Universitas Terbaik Menurut Survei Dunia

on

universitas terbaik survei dunia

Sapujagat.com – Dilansir dari situs webometrics.info, ini merupakan kampus-kampus bergengsi dan berpredikat baik sejagat dari Indonesia. Lima kampus ini memang tempat pendidikan besar dan mumpuni. Namanya tersohor mencetak banyak orang-orang penting di negeri ini serta terpandang. Namanya harum bahkan di mancanegara.

Berikut ulasan yang dikutip dari Merdeka.com

1. Universitas Gadjah Mada
Merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949. Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta tersebut merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.
Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam daftar kampus terbaik sejagat nomor urut 414. Meski di posisi ratusan namun kampus ini tetap dapat acungan jempol sebab mampu mengalahkan jutaan tempat pendidikan di negara lain yang tidak masuk daftar ratusan ini.
2. Universitas Indonesia
Berdiri pada tahun 1849 dan merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, UI secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dan dunia. Bagaimanapun UI tidak bisa melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar dunia dan menjaga standar gengsi di sejumlah jurnal internasional nomor satu.
UI bermula sejak 1849 dengan satu jurusan kedokteran sebab saat itu pemerintah Belanda yang menjajah Indonesia membutuhkan tenaga dokter tambahan. Baru pada 1955 pemerintah Indonesia resmi menamakan kampus itu sebagai Universitas Indonesia. Kampus ini menduduki peringkat ke 532 sejagat.
3. Institut Teknologi Bandung
Sebuah perguruan tinggi yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik sebagaimana diatur Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2013 tentang STATUTA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG.
Berdasarkan data kepopuleran ITB menduduki peringkat pertama kampus paling diminati calon mahasiswa Indonesia. Di peringkat dunia ITB menduduki posisi ke 622 sebagai kampus terbaik sejagat.
4. Institut Pertanian Bogor
Sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di kota Bogor.

IPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 1 September 1963.  Rektor IPB untuk periode 2012-2017 adalah Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc.

Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tanggal 21 Februari 2013, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan Nilai 375 yaitu peringkat A (sangat baik). Di peringkat dunia IPB ada di level 813.

 5. Universitas Diponegoro

Sebuah Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip.

Kampus ini masuk dalam salah satu terbaik sejagat dengan posisi 1.102

Recommended for you