Terkuaknya Fakta Bahwa Pengajuan BG Sebagai Kapolri Bukan Inisiatif Jokowi

Bukan Inisiatif JokowiSapujagat.com – Syafi’i Ma’arif Ketua Tim independen khusus menangani masalah KPK dan Polri yang berjumlah 9 orang, menyebutkan bahwa pengusulan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri bukanlah inisiatif Presiden Jokowi. Tim ini pun menyarankan agar BG tak jadi dilantik sebagai Kapolri.

“Jujur, itu sebetulnya pengajuan BG bukan inisiatif Presiden,” ujar Syafi’i Ma’arif setengah berbisik saat memberikan pernyataan kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (28/1/2015).

“Ini benar, saya mendapat informasi yang cukup bagus (dipercaya),” tambah Syafi’i meyakinkan wartawan.

Namun, lanjut Syafi’i, sekarang sudah terlanjur. BG bahkan sudah melewati tahapan uji kelayakan di DPR. Meski demikian, usulan agar BG tak dilantik tetap didengungkan Tim Independen ini kepada Jokowi.

“Karena sudah proses di paripurna. Ya sekarang persoalannya kalau dia tidak mau mundur, ya dia nyusun kekuatan,” katanya.

“Usul kita (BG) jangan dilantik. Menurut saya tidak dilantik, dan kita Tim 9 (menyarankan) orang ini jangan dilantik,” tambah Buya.

Sebelumnya,

Presiden Joko Widodo kemarin memutuskan untuk memperkuat Tim Independen untuk menyelesaikan konflik antara Kepolisian Negara RI dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tim yang awalnya berjumlah tujuh ditambah dua orang lagi.

Dua nama terakhir yang masuk bukan sembarangan. Mereka adalah mantan anggota Panitia Seleksi Komisioner KPK Imam Prasodjo dan mantan Kepala Kepolisian RI Jenderal (purn) Sutanto. Sutanto menambah satu lagi unsur kepolisian di Tim Independen setelah mantan Wakapolri Komisaris Jenderal (purn) Oegroseno.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*