Melihat Robot Cheetah Yang Bisa Berlari dan Lompat Dengan Algoritma Baru

Robot Cheetah Yang Bisa Berlari dan Lompat Dengan Algoritma BaruSapujagat.com – Dikembangkan atas kerja sama dengan DARPA/Boston Dynamics, (perlu kita tahu bahwa perusahaan Boston Dynamics kini telah diakuisisi oleh Google), perkembangan terbaru atas robot cheetah ini telah memiliki algoritma tertentu yang bisa mendeteksi kekuatan kaki ketika menyentuh tanah.

Inilah robot yang lain dari pada yang lain. Ia adalah robot yang terinspirasi dari kucing besar yang punya kecepatan lari luar biasa di alam liar, cheetah.

Tidak hanya dapat berjalan dan berlari, robot Cheetah ini ternyata juga mampu untuk menghindar dari rintangan, sehingga dia akan melompat ketika menemukan rintangan yang ada di depannya saat berlari.

Robot cheetah ini diciptakan oleh ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang berangkat dari sketsa, sebab tak banyak referensi yang bisa digali pada teknologi yang ada saat ini.

Robot ini dikendalikan dengan teknologi video game, dilengkapi sensor-sensor canggih, termasuk satu sensor yang sebelumnya digunakan untuk menggerakkan drone alias pesawat tanpa awak, satelit, dan rudal balistik.

Para peneliti di MIT (Massachusetts Institute of Technology) menanamkan motor penggerak yang ringan namun bertenaga, perangkat elektronik untuk mengontrol ke-12 motor penggerak itu, dan algoritma yang membuat keempat kaki si robot bisa bergerak tak ubahnya cheetah tanpa hilang keseimbangan atau momentum untuk maju.

“Ketika robot berlari, pada setiap langkah, kami mengkalkulasi jumlah tenaga yang tepat, supaya robot itu bisa menyeimbangkan dirinya,” kata peneliti MIT, Hae-Won Park. Dialah yang menulis algoritma kompleks yang dipakai untuk mengontrol cheetah itu.

Sangbae Kim selaku Associate Professor pada proyek pengemangan robot tersebut mengatakan bahwa, sementara robot lain berjalan dan bergerak sangat lambat karena berat tubuhnya yang membuat sensor harus menjaga tubuhnya agar tidak terjatuh saat bergerak, robot Cheetah yang dikembangkan Kim dan timnya di MIT menggunakan motor listrik dengan density tinggi yang dikendalikan oleh amplifier agar robot cheetah tersebut dapat bergerak lebih cepat dengan stabilitas yang dapat dijaga. Sebuah komputer ditanamkan untuk mengatur data-data yang datang dari berbagai sensor dan mengirimkan perintah ke tiap-tiap motor penggerak.

“Ini seperti Ferrari di dunia robotika,” kata profesor MIT Sangbae Kim. “Kami harus menanamkan semua komponen mahal itu dan membuat robot itu bergerak seperti alamiah.”

Untuk apa robot ini digunakan nantinya? Kim mengatakan harapannya robot ini bisa dipakai dalam operasi SAR di lokasi berbahaya, di mana amat berisiko kalau mengirimkan manusia.

 

 

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*