Benarkah Minum Kopi Sebelum Olahraga Akan Membuat Anda Kurus ?

Benarkah Minum Kopi Sebelum Olahraga Akan Membuat Anda Kurus

Kafein dalam kopi akan membuat Anda semakin bersemangat berolahraga dan mencegah Anda makan lebih banyak kalori setiap hari. Namun sebaiknya berhati-hatilah jika Anda memiliki masalah dengan lambung, karena minum kopi di pagi hari juga bisa memicu asam lambung.

Kopi dan olahraga tampaknya adalah dua hal yang bisa menjadi sahabat Anda jika ingin menurunkan berat badan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa minum secangkir kopi sebelum olahraga di pagi hari bisa membuat olahraga lebih menyenangkan. Hasil ini diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology.

Penelitian ini mengamati efek dari minum kopi di pagi hari sebelum berolahraga. Peneliti merekrut 14 partisipan dan meminta melakukan simulasi kebiasaan pagi mereka seperti minum kopi saat bangun tidur, berolahraga, minum kopi lagi saat sarapan, kemudian makan siang.

Selanjutnya partisipan diminta melakukan dua kali olahraga menggunakan sepeda statis. Satu kali ketika mereka minum kopi 90 menit sebelum berolahraga, dan satu kali saat mereka minum plasebo. Hasilnya, diketahui bahwa partisipan merasa lebih bersemangat berolahraga jika sebelumnya mereka minum kopi, seperti dilansir oleh Self (12/10/14).

Namun selain itu ada manfaat lain dari minum kopi sebelum olahraga. Penelitian mengungkap bahwa orang yang minum kopi sebelum berolahraga akan membakar lebih banyak kalori dan makan lebih sedikit kalori di sisa hari mereka, dibandingkan dengan orang yang minum plasebo sebelum berolahraga. Ini artinya, kopi bias memaksimalkan efek olahraga dan membantu menurunkan berat badan.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*