Ditengah Berita Negatif Jokowi, Kabinet Kerja Jokowi Dapat Apresiasi di Bidang Ekonomi

Kabinet Kerja Jokowi Dapat ApresiasiSapujagat.com – Kabinet Kerja pimpinan Joko Widodo (Jokowi) dapat apresiasi di bidang ekonomi. Sejak dilantik pada 20 Oktober 2014 hingga tepat 100 hari pada hari ini, Jokowi disebut radikal dan luar biasa. David Fernandez, Managing Director, Head of FICC Research, and Chief Asia Economist dari Barclays (Inggris) yang menilai Jokowi radikal dan luar biasa.

“Dia mampu melakukan hal radikal dalam 100 hari merupakan hal yang luar biasa. Ini sinyal yang baik, investor global ingin melihat hal itu. Penentuan harga BBM di dalam negeri‎ itu begitu impresif,” puji Fernandez kemarin, Selasa (27/1/2015).

Mungkin ada yang menganggap penilaian ini berlebihan. Namun menurut Fernandez, langkah Jokowi menghapuskan subsidi BBM mulai 1 Januari 2015 adalah langkah yang radikal. Subsidi premium memang telah dihapus, dan untuk solar hanya diberikan subsidi Rp 1.000/liter.

Kebijakan ini mampu mengurangi anggaran subsidi BBM dari Rp 276 triliun pada 2014 menjadi Rp 81,81 triliun.

“Sepertinya dia (Jokowi) menonjol. Terutama dengan kebijakan subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak) yang diambil,” kata Fernandez.

Memang untuk subsidi BBM ini, Jokowi beruntung. Karena saat subsidi dihapus, harga minyak dunia sedang anjlok dalam hingga di bawah US$ 50 per barel. Ini membuat harga premium turun dari Rp 8.500/liter menjadi Rp 6.600/liter saat ini.

Penghematan anggaran dari subsidi BBM ini juga dialokasikan Jokowi untuk membangun infrastruktur. Ada Rp 100 triliun anggaran peralihan subsidi BBM yang dialokasikan untuk infrastruktur.

Namun, Fernandez menilai Jokowi tidak perlu terlalu terburu-buru mengeksekusi berbagai program ekonominya. Jokowi perlu melihat dan membaca situasi terlebih dulu, terutama perkembangan ekonomi dunia.

Dia sudah memberikan target, sekarang bagaimana itu diimplementasi. Jangan terburu-buru di tengah persoalan global saat ini.‎ Kalau tidak, nanti hasilnya akan negatif,” kata Fernandez.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*