Triawan Sepakat Dengan Jokowi Yang Ingin Bisnis Online di Indonesia Menjadi Besar Guna Menambah Pendapatan Negara

Menambah Pendapatan NegaraSapujagat.com – situs iklan baris Berniaga.com resmi ditutup dan dialihkan ke OLX.co.id pada Senin (26/1) setelah investor dari kedua perusahaan memutuskan untuk merger.

Naspers perusahaan asal Afrika Selatan, selaku pemegang saham OLX sepakat mendirikan perusahaan patungan dengan 701 Search yang tak lain adalah investor Berniaga. Naspers akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam perusahaan patungan sebesar 64 persen, sementara 701 Search sebesar 36 persen.

Pembentukan perusahaan patungan antara OLX dan Berniaga ini merupakan bagian dari strategi para investor untuk memaksimalkan pertumbuhan bisnis di negara berkembang. Naspers sendiri sebelumnya telah mengakuisisi tokobagus.com, dan mengubahnya menjadi OLX.co.id.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEK) Triawan Munaf untuk menjaga pertumbuhan bisnis online di Indonesia. Jokowi menilai jika dikelola dan dilindungi dengan lebih baik, bisnis online bisa menjadi alternatif sistem pemasaran produk-produk Indonesia.

Namun poin lebih pentingnya lagi, Jokowi juga meminta Triawan untuk melindungi bisnis online dari akuisisi investor asing.

“Presiden melihat banyak sekali sub sektor UKM yang tidak diperhatikan. Beliau selalu memberi contoh bisnis online untuk dijaga, dilindungi agar bisa membesar di Indonesia sendiri, jangan buru-buru dibeli oleh pihak asing. Presiden meminta agar pengembang bisnis online untuk tidak menjual sehingga menjadi pemain-pemain kelas dunia,” kata Triawan, Senin (26/1).

Triawan mengatakan, dirinya sepakat dengan Jokowi yang ingin agar bisnis online di Indonesia menjadi semain besar dan menjadi penyeimbang yang cukup signifikan dalam menambah pendapatan negara.

Untuk itu, Triawan menginginkan BEK lebih banyak memusatkan kegiatannya pada inovasi-inovasi bisnis baru yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan.

Setidaknya ada 15 jenis bisnis ekonomi kreatif yang akan dikelola BEK, yaitu:

1. Periklanan
2. Arsitektur
3. Pasar Barang Seni
4. Kerajinan
5. Desain
6. Fesyen
7. Video, Film dan Fotografi
8. Permainan Interaktif
9. Musik
10. Seni Pertunjukan
11. Penerbitan dan Percetakan
12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak
13. Televisi dan Radio
14. Riset dan Pengembangan
15. Kuliner.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*