Kurdi Mengusir jihadis Negara Islam dari Suriah Kobane

Kurdi Mengusir jihadis Negara Islam dari Suriah Kobane

Milisi Kurdi telah mendorong militan kelompok Negara Islam dari kota perbatasan Suriah Kobane setelah berbulan-bulanpertempuran sengit, kata pengamat dan juru bicara pada hari senin(26/1)menghadapi pukulan penting bagi jihadis.

Di seberang perbatasan di Irak sementara itu, seorang perwiramiliter atas mengumumkan pasukan telah dibebaskan” dari provinsi Diyala IS jihadis.

Di Suriah, kemajuan Kurdi menandai puncak dari pertempuran yang berlangsung lebih dari empat bulan di mana hampir 1.800 orang tewas.

Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk memantau Hak Asasi Manusia mengatakan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi itu (YPG) telah mendorong IS militan dari seluruh Kobane.

“Mereka mengusir semua pejuang Negara Islam dari Kobane dan memiliki kontrol penuh dari kota,” kata Direktur Observatorium Rami Abdel Rahman.

“Kurdi mengejar beberapa jihadis di pinggiran timur Kobane, tapi tidak ada lagi pertempuran saat ini.”

pengamat mengatakan pasukan Kurdi sedang melakukan “operasi mopping-up” terhadap sisa IS pasukan di distrik Maqtala, di pinggiran timur kota.

Juru bicara YPG Polat Jan juga mengumumkan berita di akun Twitter-nya, menulis: “. Selamat kepada umat manusia, Kurdistan, dan orang-orang dari Kobane pada pembebasan Kobane”

Mustafa Ebdi, seorang aktivis dari kota, mengatakan kepada AFP bahwa “pertempuran telah berhenti”.

Pasukan YPG yang “maju dengan hati-hati di Maqtala karena ancaman ranjau dan bom mobil,” tambahnya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*