Debut Pertama Setelah Naik Tahta, Kim Jong Un Akan ke Indonesia untuk Hadiri Peringatan KAA

North Korea Myanmar Two Nations EmergeSapujagat.com – Dikutip dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap, pada Minggu (25/1), Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, kemungkinan akan ke Indonesia dalam rangka menghadiri Konferensi Asia Afrika, KAA pada April mendatang. pernyataan itu dikeluarkan oleh sumber pemerintah Korea Selatan.

Namun, pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia belum bisa mengkonfirmasi informasi kehadiran Kim Jong Un. “Untuk KAA kita mengundang 109 kepala negara Asia Afrika, salah satunya Korea Utara. Namun kami belum dapat konfirmasi resmi terkait kehadiran kepala negara Korea Utara,” kata Arrmanatha Christiawan Nasir, juru bicara Kemlu saat dihubungi CNN Indonesia pada Minggu (25/1).

Jika jadi, maka kunjungan itu akan menjadi debut perdana Kim Jong Un ke luar negeri setelah ia naik takhta menggantikan ayahnya, Kim Jong Il, pada Desember 2011.

Sebelumnya, Kim Jong Un juga dikabarkan akan ke Moskow untuk menghadiri upacara kemenangan Uni Soviet yang ke-70 di Perang Dunia II pada Mei tahun ini.

Pertemuan pejabat tinggi dari kawasan Asia-Afrika akan berlangsung di Jakarta pada 22-23 April, lalu akan dilanjutkan dengan upacara peringatan di Bandung pada 24 April.

Korea Utara, sepertinya memperhitungkan KAA di Bandung karena menjadi awal dari Gerakan Non-Blok. Pyongyang, sudah beberapa kali berusaha menggunakannya sebagai kampanye diplomatik.

Kim Il Sung, yang dianggap sebagai pendiri Korea Utara, menghadiri peringatan KAA pada 1965 untuk menandai ulang tahun KAA ke-10. Kim Jong Il, menemaninya waktu itu.

“Untuk Kim Jong Un, yang membentuk dirinya seperti Kim Il Sung, pertemuan Bandung akan menjadi jadwal diplomatik penting,” kata sumber pemerintah Korea Selatan tersebut.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*