Warga Amerika Serikat Di Putuskan Tidak Bersalah Setelah di Penjara Selama 37 Tahun

Warga Amerika Serikat Di Putuskan Tidak Bersalah Setelah di Penjara Selama 37 Tahun

Joseph Sledge menjadi pria bebas pada Jumat (23/1) setelah pengadilan North Carolina menyatakan dia bersalah pada tahun 1978. Dia telah dipenjara selama 37 dan usianya sekarang sudah 70 tahun.

Seorang pria yang telah dipenjara hampir separuh usianya di Amerika Serikat ternyata tidak bersalah. Sebelumnya, dia divonis seumur hidup karena membunuh dua orang dengan cara sadis pada tahun 1970an.

Dia dituduh telah membunuh Josephine Davis dan putrinya Aileen Davis pada September 1976 di kota Elizabethtown, North Carolina. Kedua wanita itu ditemukan dengan banyak luka memar dan tikam. Aileen Davis juga mengalami kekerasan seksual.

Sledge yang keluar penjara dengan hanya membawa dua kantung plastik berisikan barang-barang dibebaskan oleh panel tiga hakim yang meninjau ulang bukti-bukti DNA dari korban.

Menurut hakim berdasarkan peninjauan tersebut, Sledge tidak terlibat dalam pembunuhan. Seorang saksi yang memberatkan Sledge dalam kasus itu juga menarik kembali kesaksiannya pada 2013 lalu.

Sehari sebelum dua korban ditemukan, Sledge baru kabur dari penjara White Lake, sekitar 4 kilometer dari rumah korban. Saat itu, dia sedang menjalani empat tahun penjara karena pencurian.

Sledge ditangkap di Dillon, South Carolina, saat mengendarai mobil curian. Dia lalu dituduh telah melakukan dua pembunuhan kelas satu.

Pengadilan kala itu menghadirkan bukti berupa DNA. Dua narapidana bersaksi mendengar Sledge yang mengakui pembunuhan itu di penjara. Dia lantas divonis seumur hidup.

Selama lebih dari tiga dekade dipenjara, Sledge tetap mempertahankan bahwa dia tidak bersalah. Dia juga berkali-kali meminta penyelidikan ulang, namun selalu ditolak pengadilan.

Barulah 2003, permintaannya untuk pengujian DNA ulang disetujui dan dimulai lima tahun kemudian.

Desember 2014, pengadilan menyatakan tidak ada bukti yang cukup yang menunjukkan bahwa Sledge telah melakukan pembunuhan tersebut.

Berbicara pada wartawan di depan Penjara Columbus County, Sledge mengatakan “Ketika kau menyadari bahwa kau tidak melakukan hal itu, maka tinggal ada kau dan penciptamu.”

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*