Tali Baja Untuk Mengikat Rangka Badan Pesawat Terlepas, Badan Pesawat AirAsia Jatuh Lagi ke Dasar Laut

Tali Baja Untuk Mengikat Rangka Badan Pesawat Terlepas, Badan Pesawat AirAsia Jatuh Lagi ke Dasar LautSapuajagat.comTim penyelam pada Sabtu siang mengangkat badan pesawat ke permukaan laut dengan mengikatkan empat balon pengapung atau lifting bag dan tali baja webbing sling. Namun, tali baja yang mengikat rangka badan pesawat terlepas saat badan pesawat mulai terangkat.

“Karena badan pesawat sudah lemah dan rapuh membuat posisi tidak stabil sehingga badan pesawat lepas lagi dan kembali ke dasar laut,” kata Direktur Operasional Basarnas, Marsekal Pertama SB Supriyadi, di Posko Utama Pencarian AirAsia QZ8501, Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Ia menceritakan, mulanya tim penyelam yang terdiri dari 73 penyelam dari Marinir memasang tali baja untuk mengikat badan pesawat yang setengah bagiannya sudah hancur itu. Tali tersebut juga terhubung dengan empat lifting bag berkukatan daya angkut masing-masing 10 ton.

Badan Pesawat AirAsia Jatuh Lagi ke Dasar Laut

Setelah empat lifting bag tersebut diisi dengan gas, badan pesawat mulai terangkat sedikit demi sedikit. Namun, selang beberapa saat badan pesawat yang diperkirakan masih terdapat banyak jenazah korban itu terjatuh kembali ke dasar laut.

Tim penyelam sempat berusaha memasang kembali tali pengikat ke badan pesawat. Namun, upaya tersebut dihentikan pada Sabtu sore karena kondisi di bawah laut semakin tidak mendukung.

Selain karena tidak stabilnya tali pengikat pada rangka badan pesawat, kejadian itu juga disebabkan oleh derasnya arus bawah laut. Saat itu, kecepatan arus bawah laut mencapai 3 sampai 5 knot dan jarak pandang penyelam hanya 1 sampai 2 meter.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*