Satu Warga Jepang Dibiarkan Hidup Untuk Ditukar Dengan Tahanan Teroris di Yordania

Goto warga jepang yang ditahan isisSapujagat.com – ISIS telah merilis sebuah video lewat akun twitternya mengklaim bahwa salah satu dari dua tawanan Jepang, yaitu Haruna Yukawa, telah dipenggal kepalanya,setelah tuntutan uang tebusan tidak di berikan juga sampai tenggat waktu.

Yukawa, 42, ditangkap oleh ISIS pada Agustus tahun lalu ketika ia ke Suriah untuk memulai bisnis di sektor keamanan. Goto, 47, seorang wartawa perang, pergi ke Suriah pada Oktober untuk membantu membebaskan Yukawa yang ia temui sebelumnya di Suriah.

Dalam rekaman yang baru dirilis ISIS pada Sabtu, Goto mengatakan bahwa Yukawa “dipenggal di tanah khalifah Islam”. Namun Goto juga mengatakan bahwa pemerintah Jepang seharusnya bisa menyelamatkannya melalui Yordania di mana Abe berada di sana awal minggu ini untuk berkoordinasi dengan pemerintah Yordania terkait penyanderaan.

Goto mengatakan militan akan membebaskannya dalam pertukaran bagi pembebasan Sajida al-Rishawi, seorang Irak yang ditahan di Yordania. Dia mengatakan para militan telah membatalkan permintaan tebusan.

Video terbaru ISIS yang dirilis lewat Youtube pada Sabtu malam, memperlihatkan Goto dalam pakaian oranye dengan dan berbicara dalam bahasa Inggris.

“Saya ingin menekankan bagaimana mudahnya untuk menyelamatkan hidup saya,” kata rekaman itu. “Kalian bawakan saudara perempuan mereka dari Yordania dan saya akan segera dibebaskan. Saya untuk dia.”

Dalam siaran NHK, Abe mengatakan bahwa ia telah berbicara dengan Raja Yordania Abdullah tentang situasi tersebut tapi tak berkomentar soal permintaan ISIS untuk membebaskan al-Rishawi.

Presiden AS Barack Obama mengutuk pembunuhan brutal Yukawa dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih.

Pernyataan Obama, yang dikeluarkan saat dia dalam perjalanan ke India, mengatakan: “Amerika Serikat mengutuk keras pembunuhan brutal warga negara Jepang Haruna Yukawa oleh kelompok teroris ISIL (ISIS).”

Baca juga Lewat Video ISIS Mengklaim Telah Melakukan Pemenggalan Terhadap 1 dari 2 Sandera Jepang

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*