Mengobati Sariawan Pada Bayi

Mengobati Sariawan Pada BayiMengobati Sariawan Pada Bayi, bila si Kecil sariawan,dapat mengganggu napsu makannya dan kelincahannya sehari-hari. Si Kecil akan malas makan, malas bicara, bahkan tidurnya pun terganggu. Biasanya sariawan ditemukan di beberapa area pada mulut, seperti gusi, belakang pipi, bibir dan langit-langit rongga mulut.
Iritasi pada rongga mulut (misalnya lidah), bibir atau pipi bagian dalam (rongga mulut) tergigit bisa menjadi penyebab terjadinya sariawan. Minuman atau makanan panas yang langsung dimakan pun dapat menyebabkan sariawan. Sariawan juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit serius dan ini perlu penanganan dokter lebih lanjut.
Sariawan umumnya timbul sebagai luka kecil berbentuk bulat, berwarna kekuningan atau pucat yang dikelilingi lingkaran merah dan terasa nyeri. Bila si Kecil sudah dapat bicara, ia akan mengeluh nyeri. Sariawan biasanya akan hilang dalam 7-10 hari.

Sekilas Penyebab Sariawan Pada Bayi

  • Moniliasis, merupakan sariawan yang terjadi karena infeksi jamur Candida Albican, di mana biasanya jamur ini bersarang pada lidah seseorang.
  • Stomatitis Apthosa, merupakan sariawan yang terjadi karena trauma, contohnya tergigit, sehingga mengakibatkan luka pada bibir balita. Apalagi jika terjadi pada waktu daya tahan bayi Anda tak fit, sehingga kuman pun bisa masuk dalam luka robekan tersebut kemudian mengakibatkan terjadinya infeksi, yang pada akhirnya terjadi peradangan dan rasa sakit sariawan tersebut.
  • Stomatitis Herpetic, penyebab ketiga ini yaitu sariawan karena infeksi virus herpes simplek. Dan sariawan jenis ini terjadi pada bagian belakang dari tenggorokan.

 

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi

Solusi pengobatan yang efektif dan terbaik untuk menyembuhkan sariawan di balita atau bayi yaitu dengan cara berikut ini.

  1. Usahakan jangan sampai bibir bayi tergigit secara tak sengaja, contohnya pada waktu makan jangan ajak sang bayi bercanda. Dan pada waktu tidur, posisi tidur bayi harus benar sehingga akan mengurangi resiko bibir bayi tergigit dan luka. Juga bisa membiasakan bayi berkumur menggunakan obat kumur yang aman dan khusus untuk bayi.
  2. Cara kedua yaitu jagalah kebersihan mulut bayi Anda, biasakan bayi untuk gosok gigi.
  3. Yang ketiga yaitu vitamin bayi harus cukup, jangan sampai bayi kekurangan vitamin. Contohnya vitamin C serta vitamin B, yang berguna untuk mempercepat proses dari penyembuhan luka.

Apakah sariawan bayi beresiko?

Tidak, Namun bila bayi Anda benar-benar rewel serta tak nyaman, sariawan dapat mengganggu konsentrasi bayi saat menyusu. Dokter barangkali mereferensikan Anda untuk memberikan bayi Anda acetaminophen untuk rasa sakit pada bayi.

Munkin terkadang bayi Anda susah makan karena menderita sariawan yang benar-benar menyedihkan bagi Anda, serta serangan sariawan nampak sangat menyiksa bayi namun jangan khawatir karena itu biasanya tidak lama. Berikanlah bayi Anda seluruhnya kenyamanan yang ia perlukan serta ikuti panduan dokter anak Anda untuk menyingkirkan rasa sakit pada bayi Anda. Semoga Anda bisa lulus menyelesaikan masalah sariawan bayi yang terkadang melelahkan.

Demikian ulasan mengenai Mengobati Sariawan Pada Bayi, semoga buah hati selalu sehat dan bugar. Baca juga 6 Tanda Anda Hamil Bayi Laki-Laki dan Cara Menangani Demam Pada Anak

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*