Wakil Presiden Indonesia Meluncur Ke Arab Saudi Untuk Melayat Raja Abdullah

 

Wakil Presiden Indonesia Meluncur Ke Arab Saudi Untuk Melayat Raja Abdullah

Raja Abdullah wafat setelah beberapa minggu dilaporkan masuk rumah sakit akibat menderita pneumonia. Hubungan Indonesia dan Arab Saudi memang cukup dekat, Arab Saudi merupakan salah satu mitra penting terutama dalam sektor perdagangan minyak dengan Indonesia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) terbang ke Arab Saudi untuk melayat Raja Abdullah bin AbdulAziz al Saud. JK sebagai perwakilan kepala negara akan menyampaikan belasungkawa Indonesia kepada keluarga Kerajaan arab Saudi atas wafatnya Raja Abdullah pada hari Jumat (23/1) waktu setempat.

JK lepas landas dari lapangan terbang Halim Perdanakusuma hari Sabtu (24/1) sekitar pukul 08.00 WIB, dan dijadwalkan kembali ke Jakarta, Indonesia, Senin (26/1).

“Selain mengucapkan ucapan belasungkawa, Pak JK juga akan memberikan ucapan selamat atas pelantikan Putra Mahkota Pangeran Salman sebagai Raja Arab Saudi yang baru,” ucap Juru Bicara Pribadi JK Husein Abdullah, Jakarta, Jumat, (23/01).

JK akan didampingi oleh Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan terbatas menggunakan pesawat BBJ 2. Sebelumnya, JK dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan,

“Kunjungan kerja ditunda sementara, karena Pak JK pada waktu yang sama harus ke Arab Saudi,” ujar Husein menjelaskan.

Arab Saudi merupakan negara pemasok minyak dan produk-produk petrokimia, sedangkan Indonesia merupakan negara pemasok sepeda motor, suku cadang, ban, tekstil dan minyak kelapa sawit.

Selain dalam sektor perdagangan, Indonesia juga memiliki 1,3 juta penduduk yang bekerja untuk Saudi saat ini, dan jumlah ini belum ditambah pekerja ilegal yang masuk ke negara Timur Tengah tersebut.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*