Kulit Kepala Gatal dan Berketombe Ini Solusinya

Kulit Kepala Gatal dan Berketombe Ini SolusinyaKulit Kepala Gatal dan Berketombe Ini Solusinya, ketombe sering kali bikin anda kurang percaya diri dalam menjalani hari-hari. Ketombe disebabkan oleh jamur malassezia yang secara alami ada pada kulit kepala. Namun dalam beberapa kasus pertumbuhan jamur ini bisa tidak terkontrol. Kemudian jamur yang berlebih ini akan menyebabkan sel mati kulit kepala mengelupas lebih cepat dari seharusnya, lalu menjadi ketombe.

faktor-faktor dari penyebab ketombe, antara lain :

1. Kulit kepala terlau kering

Kulit kepala yang terlalu kering mudah sekali untuk terjadinya pengelupasan sel-sel kulit mati penyebab ketombe dan membentuk serpihan-serpihan atau butiran kecil berwarna putih atau kelabu.

2. Kulit kepala terlalu berminyak

Umumnya pria sering sekali menggunakan minyak rambut dengan berbagai merk gel atau minyak rambut untuk membuat rambut tampil menawan, lembab dan lebih bergaya. Seringnya menggunakan gel atau minyak rambut semakin memudahkan ketombe berkembang lebih banyak lagi dan pengelupasan sel-sel kulit mati akan merangsang jamur berkembang biak secara berlebihan dan menyebabkan ketombe.

3. Terlalu sering atau terlalu jarang keramas

Terlalu sering atau terlalu jarang keramas memungkinkan pori-pori di kulit kepala semakin terbuka yang kemudian hanya memunculkan ketombe lebih banyak. Terlalu sering atau jarang keramas juga menyebabkan kerontokan rambut. Keramas minimal 2 hari sekali.

4. Faktor psikologis, seperti stress

5. Efek samping dari penggunaan alat-alat kosmetik rambut yang berlebihan dan salah atau tidak cocok.

6. Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan

7. Malassezia (jamur yang dapat menyebabkan seborrheic dermatitis yaitu radang pada kulit)

8. Psoriasis (akumulasi sel kulit mati yang membentuk sisik perak yang tebal)

9. Craddle cap (seborrheic dermatitis pada kulit kepala bayi)

10. Dermatitis (radang kulit) akibat sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu atau pewarna rambut.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketombe :

1. Cobalah untuk mengatur emosi dan stress dengan cara melakukan refleksi pijatan pada kepala dan organ tubuh lainnya agar tidak tegang dan kaku serta melancarkan peredaran darah agar kembali lancar keseluruh organ tubuh, cobalah untuk menenangkan fikiran anda dengan refleksi yang menggunakan aromatherapy yang menenangkan.

2. Jangan terlalu sering atau jarang keramas. Umumnya keramas yang baik dilakukan 2-3 kali dalam seminggu, jika anda pemiliki rambut yang cenderung berminyak, anda dapat berkeramas setiap hari dengan waktu jeda 1 kali tidak keramas dan gunakan jenis shampoo yang aman digunakan tidak mengandung bahan kimia yang terlalu keras (mild shampoo).

3. Hentikan penggunaan produk shampoo atau perawatan rambut yang tidak cocok bagi rambut yang hanya menyebabkan ketombe, seperti hair spray, stlyling gels dll.

4. Konsumsi makanan yang sehat dengan cukup kandungan nilai gizi seperti zinc (seng), vitamin B dan asam lemak essensial yang dapat membantu mencegah ketombe.

5. Berjemur sejenak di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari di pagi hari sangat baik bagi pertumbuhan tubuh dan meremajakan otot-otot dan mereflesikan urat syaraf. Sinar matahari yang cukup di pagi hari juga dapat mempercepat proses penyembuhan dari ketombe. Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi sekitar pukul 7-8 pagi sejenak kira-kira 5-10 menit saja. Jangan terlalu lama berjemur karena dapat merusak kulit kepala dan rambut.

6. Gunakan jenis shmapoo yang aman untuk kulit kepala. Pilihlah jenis shampoo yang dapat mengurangi minyak di kulit kepala dan rambut.

7. Jangan menggunakan sisir yang bersamaan atau bergantian.

8. Jika shampoo yang biasa anda gunakan masih menimbulkan masalah ketombe yang semakin banyak, gantilah shampoo anti ketombe yang aman dan dipercaya dapat membantu anda mengurangi dan menghilangkan ketombe.

9. Pilihlah jenis shampoo anti ketombe yang baik yang mengandung bahan-bahan aktif untuk menghilangkan ketombe, seperti : tar, asam salisilat, zinc, selenium sufrida, dan keokonazoal. Gunakan jenis shampoo yang memiliki kandungan tersebut minimal 1-2 kali seminggu tergantung dari tingkat keparahan ketombe yang diderita.

10. Alternatif lainnya bila ketombe tak juga menghilang dengan penggunaan shampoo anti ketombe, cobalah dengan mengkombinasikan dengan menggunakan krim anti ketombe, seperti krim kortison dan krim anti jamur.

11. Solusi terakhir konsultasikan dengan dokter ahli atau pakar rambut terpercaya, agar mendapatkan saran dan penangganan khusus untuk masalah ketombe yang anda alami. Mungkin dokter akan memberikan shampoo yang mengandung bahan aktif lebih kuat seperti pemberian lotion steroid dari shampoo anti ketombe yang biasa anda gunakan.

Berikut ulasan mengenai Kulit Kepala Gatal dan Berketombe Ini Solusinya

1. Jaga kebersihan kulit kepala. Kulit kepala yang kotor dan lembap dapat menyebabkan rambut mudah patah.

2. Perlakukan rambut dengan lembut. Bila perlu biarkan rambut mengering secara alamiah.

3. Hindari gaya rambut yang harus menarik rambut kuat-kuat seperti kepang atau sanggul.

4. HIndari pemakaian bahan kimia (hari spray, gel, cat rambut) yang berlebihan.

5. Lakukan pemijatan kulit kepala agar peredaran darah lancar dan akar rambut memperoleh nutrisi yang cukup.

 

Demikian ulasan mengenai Kulit Kepala Gatal dan Berketombe Ini Solusinya, semoga ulasan diatas membawa manfaat untuk anda. Baca juga cara mengatasi rambut kering kusam secara alami dan cepat dan cara mudah merawat rambut agar tebal dan tidak rontok

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*