5 kebiasaan yang bikin rambut menipis

5 kebiasaan yang bikin rambut menipis5 kebiasaan yang bikin rambut menipis, Ketombe dan rambut rontok adalah masalah rambut yang paling umum. Namun, kini semakin banyak orang yang mengkhawatirkan soal penipisan rambut. Rambut yang menipis membuat penampilan rambut menjadi jarang dan tampak lepas.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD)rata-rata orang kehilangan 50 sampai 100 helai rambut setiap harinya. Apabila Anda menjadi botak atau rambut menipis berikut ulasan mengenai 5 kebiasaan yang bikin rambut menipis

1. Mandi Air Panas

Air panas akan membuat kulit dehidrasi, sehingga menyebabkan rambut kering, rapuh, rentan patah dan rontok. Menurut Ryan Welter, MD, ahli bedah transplantasi rambut yang berbasis di Boston panas menyebabkan akar rambut rusak dan mudah rontok.

Cara terbaik: Pilihlah air untuk mandi yang cenderung dingin untuk membilas rambut

2. Diet

Menurut dermatologis Valleji, California, Paradi Mirmirani kelaparan akan memaksa tubuh untuk mengarahkan energi terhadap fungsi lain, seperti membantu kerja jantung dan otak. Sehingga, kekuatan untuk membantu akar rambut cenderung teralihkan.

Cara terbaik: Makanlah makanan yang mengandung banyak protein tanpa lemak seperti ikan, ayam dan kacang-kacangan. “Rambut akan sangat dibantu dengan adanya protein tubuh,” terang Paradi.

3. Mengeringkan Rambut Asal-asalan

Mengeringkan rambut basah dengan handuk kering secara agresif dapat menyebabkan kutikula pelindung rambut terangkat. Hasilnya rambut pun berguguran.

Cara terbaik: Minimalkan mengeringkan rambut basah secara agresif. Keringkan secara lembut setelah mandi adalah cara terbaik.

4. Memakai Ikat Rambut Terlalu Kencang

Berhati-hatilah dalam mengikat rambut Anda. Jika mengikat rambut terlalu kencang, akan menyebabkan folikel rambut rusak. Doris Day,MD, dermatologi New York City mengungkapkan, “Ikat rambut yang terlalu kencang bisa menciptakan ketegangan pada folikel rambut. Kalau folikel rambut rusak permanen, tidak memungkinkan untuk rambut tumbuh lagi.”

Cara terbaik: Kendurkan ikatan rambut Anda. Tarik dengan lembut ketika mengikat rambut, lalu jangan ikat terlalu kuat.

5. Terpapar Matahari

Sinar UV pada matahari akan menggerogoti elastisitas rambut Anda. Menurut para ahli, paparan UV berkepanjangan menyebabkan lapisan kutikula melemah, sehingga rambut rapuh dan menyebabkan rontok.

Cara terbaik: Kenakan topi atau pelindung rambut lainnya agar tidak kepala tidak terpapar sinar UV secara langsung. Jika memungkinkan, gunakan kondisioner pada rambut untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV.

 

Demikian ulasan mengenai 5 kebiasaan yang bikin rambut menipis, semoga membantu anda untuk merawat rambut anda agar tidak tipis. Baca juga tips merawat rambut dan kulit dengan teh

 

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*