Menteri Susi Buka-bukaan di Rapat Banggar, Anggota DPR Ini Marah Besar

Menteri Susi Buka-bukaan di Rapat Banggar, Anggota DPR Ini Marah BesarSapujagat.com – Menteri Susi menyampaikan pernyataan yang blak-blakan saat rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI. Rapat yang juga diikuti para menteri ini sempat diwarnai suasana tegangkarena menyebut salah satu nama anggota banggar DPR, hal ini terkait kepemilikan kapal tangkap ikan yang ditahan oleh Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Kita semua undang termasuk kawan Pak Anton Sihombing (anggota Fraksi Golkar/Komisi IV). Ini persoalan bersama,” sebut Susi di Gedung DPR Senayan Jakarta, Rabu (21/01/2015).

Belum berhenti sampai di situ, Susi kembali menyebutkan ada beberapa pemilik kapal yang berurusan dengan pihak KKP salah satunya adalah rekan dari Anton Sihombing.

“Semua perusahaan di bidang perkapalan itu datang dari anggota DPR, bekas dirjen, Pak Yorris, kawan Pak Anton Sihombing, Tommy,” ungkap Susi yang dikutip dari Detik.com.

Mendengar ucapan Susi, Anton Sihombing terlihat marah besar, ia langsung meminta penjelasan dan klarifikasi ucapan Susi. Anton akan melajutkan persoalan ini saat rapat antara Komisi IV DPR dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Senin, pekan depan.

Moral hazard itu. Mohon dijelaskan sedikit dan nanti kita akan teruskan di komisi IV,” kata Anton dengan suara tinggi.

Mendapat reaksi keras tersebut, Susi langsung merespons lagi ucapan Anton.

“Banyak kapal (ilegal) yang berlalu lalang di laut Indonesia, It’s so crazy. Saya tidak tahu penggunaan bahasa Indonesia yang baik itu seperti apa. Karena saya sering berbahasa daerah,” timpal Susi.

Susi menegaskan tujuannya mengungkapkan nama-nama dalam rapat tersebut hanya untuk memperbaiki bisnis sektor kelautan dan perikanan di Indonesia. Bertahun-tahun Susi menyebutkan pendapatan negara dari sektor penangkapan ikan hanya Rp 300 miliar/tahun.

“Kita harus perbaiki bersama masa hanya Rp 300 miliar. Ini bukan mengada-ada. Berapa sih satu kapal penghasilannya per tahun,” sindir Susi. Baca juga susi berambisi bangun 10 universitas perikanan

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*