Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan

Fakta dan Mitos Seputar KehamilanFakta dan Mitos Seputar Kehamilan, Diberi kepercayaan oleh Tuhan menjadi seorang Ibu adalah anugerah yang tidak ternilai harganya bagi setiap wanita. Menantikan kehadiran si buah hati selama sembilan bulan berada di kandungan bukanlah perkara gampang. Banyak hal yang harus dilakukan oleh calon ibu agar janin sehat selama di kandungan dan selamat sampai dilahirkan. Ada banyak mitos dan fakta seputar kehamilan yang calon ibu sudah mengetahuinya namun tidak tahu apakah hal itu benar atau hanya sekedar mitos belaka.

Bila Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan, berikut ulasan mengenai Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan

  1. MITOS WANITA JANGAN MANDI AIR PANAS SAAT HAMIL

BENAR : wanita hamil sebaiknya menghindari berendam air panas, sauna atau hoststeam yang suhunya melebihi 38 derajat celcius. PENELITI menunjukkan adanya pengaruh peningkatan suhu tubuh dengan perkembangan sel janin, terutama selama trimester pertama

  1. MITOS WANITA HAMIL DILARANG MEMELIHARA KUCING

SALAH  : Sah-sah saja tetap bermain dan member makan si kucing kesayangan . NAMUN sebaiknya mintalah bantuan orang lain untuk mengurus kotorannya, agar anda terhindar dari risiko terkena toksoplasma. Kotoran kucing mengadung virus yang dapat membahayaan janin. Agar aman pastikan kucing peliharaan anda mendapat vaksinasi dan negative mengandung parasit.

  1. MITOS JAUHI TELPON GENGGAM

BENAR : Tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk menggunakan telepon genggam. Namun memang ada himbuan bagi wanita hamil agar jauh dari radiasi handphone. Beberapa penelitian telah mempublikasikan bahwa radiasi telepon genggam dapat mempengaruhi perkembangan otak janin tentunya jika penggunaan telepon genggam berlebihan

  1. MITOS MORNING SICKNESS BERHUBUNGAN DENGAN IQ BAYI

BENAR : Sebanyak 50% – 90 % wanita hamil biasanya mengalami mual dan pusing di awal kehamilannya atau biasa disebut morning sickness. Sebuah peneletian yang dilakukan sebuah rumah sakit anakdi Totonto mengungkapkan morning sickness dalam kehamilan mungkin pertanda tingginya tingkat IQ pada anak. Hormon kehamilan yang berhubungan dengan morning sickness dicurigai mempengaruhi perkembangan otak bayi selama masih dalam rahim.

  1. MITOS DILARANG NAIK PESAWAT TERBANG KETIKA HAMIL

SALAH : Wanita hamil bebas bepergian dengan pesawat. Namum maskapai penerbangan memang memperketat aturan bagi wanita hamil. Sesuai dengan procedure penerbangan. Wanita hail yang usianya lebih dari 28 minggu harus membawa surat rekomendasi dari dokter

  1. MITOS BENTUK PERUT MENUNJUKAN JENIS KELAMIN

SALAH  : Ada anggapan jika wanita hamil bentuk perutnya turun punya bayi laki-laki, sedangkan jika bentuk perutnya tinggi akan punya bayi perempuan. Nyatanya bentuk perut saat hamil ditentukan oleh tonus otot. Bentuk tubuh usia kehamilan posisi bayi didalam rahim dan tidak berkoretasi dengan jenis kehamilan bayi

  1. MITOS MELAKUKAN SEKS DAPAT MERUGIKAN JANIN

SALAH : Selama hamil tidak dilarang untuk berhubungan seks . Hubungan seks tidak akan mengganggu perkembangan bayi. Akan tetapi perlu diingat kondisi kahamilannya juga perlu dijaga. Melakukan hubungan seks tidak akan bermasalah karena janin terlindungi oleh selaput dan cairan ketuban. Dengan catatan hubungan seks wajar atau dengna kata lain tida ekstrem.

  1. MITOS MUAL-MUAL HANYA PAGI HARI

SALAH : Faktanya perubahan hormone pada wanita hamil dpat terjadi sepanjang hari. Sehingga rasa mual bias saja mengampiri pada siang. Sore atau malam hari.

  1. MITOS MORNING SICKNESS TANDA AKAN MENDAPAT BAYI LAKI-LAKI

SALAH : Perbedaan hormon yang dihasilkan janin perempuan dan janin laki-laki memicu perbahan derajat morning sickness yang dirasa. Jika morning sickness yang dialami ibu cukup parah kemungkinan besar anaknya perempua. Sebaliknya jika tidak mengalami morning sickness atau tidak terlalu berat akan mendapat bayi laki-laki. Kemungkinan mitos ini benar cukup tinggi dokter juga mempercayainya. Dikarenakan hormone relaxin yg memperoduksi tubuh bertanggung jawab atas rasa mual dan kenyamaan ibu hamil dan wanita yang mengadung bayi perempuan. Lebih rentan tehadap morning sickness

  • MITOS BAYI PERTAMA BIASANYA LAHIR TERLAMBAT

BENAR : Sekitar 60% bayi pertama lahir setalah tanggal perkiraan , 35% lahir lebih cepat, dan 5% lahir sesuai tanggal perkiraan. Waktu kalahiran biasanya berkaitan dengan lamanya siklus menstruasi ibu. JIka siklus pendek biasanya ibu melahirkan lebih cepat dari tanggal perkiraan Dan sebaliknya jika siklusnya panjang biasaya ibu melahirkan melewati tanggal perkiraan.

  • MITOS SAKIT PINGGANG BISA DIHINDARI SAAT HAMIL

BENAR  : Sakit pinggang bisanya dihindari. Misalna dengan memperhatikan postur tubuh. Jangan membungkuk untuk mengambil benda yang di lantai, sebainya tekik kaki anda dan turunkan bahu utk menjangkau benda dilantai. Kurangi penggunaan sepatu hak tinggi karena dapat menimbulkan ketengangan pada punggung dan menimbulkan sakit pinggang . lakukan gerakan peregangan ringan agar otot di daerah pinggang dan pinggul tidak kaku

  1. MITOS MAKANAN PEDAS MEMPERCEPAT KALAHIRAN

SALAH : Tak ada bukti ilmiah yg benar –benar valid bahwa makanan pedas bias mengakibatkan kontraksi dan berpengaruh pada janin. Pengarh makanan pedas lebih kepada ibu. Jika terlalu banyak mengkonsumsinya biasanya menimbulkan rasa mulas. Hal ini terjadi karena adanya iritasi lambung , bukan karena kontraksi melahirkan.

  1. MITOS HINDARI PENGECATAN RAMBUT SAAT MELAHIRKAN

SALAH : Saat hamil ibu sebaiknya menghindari terpapar poduk bahan kimia dalam pewarna rambut yang dpt terserap kulit dalam jumlah yang kecil tidak membahayakan . Terkadang bau menyengat dari produk perawatan rambut dapat menyebabkan mual, jadi gunakanlah di tempat yang ventilasinya memadai. Serta pastikan jika produk pewarna yang anda gunakan adalaj produk yang aman dan sudah disertifikasi dinas kesehatan.

  1. MITOS MAKAN ASIN AKAN MENDAPAT BAYI LAKI-LAKI SEDANGKAN MAKAN  
    MANIS AKAN MENDAPAT BAYI PEREMPUA

SALAH :        Wajar bila wanita hamil selera makannya meningkat dan menginginkan berbagai macam makanan. Namun selera makan yang cenderung menyukai asin dan manis.

  1. MITOS WANITA HAMIL CENDERUNG TIDUR KE KIRI

SALAH : Tidur dengan posisi miring kekiri akan membuat anda pegal. Tidurlah dengan posisi yang nyaman bagi anda. Beberapa dokter ada yang menyarankan tidur miring ke kiri dapat meningkatkan aliran darah ke uterus dan placenta.

  1. MITOS SUAMI JUGA MENGALAMI PERUBAHAN HORMON SAAT ISTRI HAMIL

BENAR : Suami juga bias mengalami perubahan horman saat istri sedang hamil. Sering dijumpai suami yang mengalami couvades syndrome. Dimana suami juga merasakan mual, sakit punggung , ngidam sera ikut bertambah berat badan.

  1. MITOS MENYUSUAI MEMBUAT PAYUDARA TURUN

SALAH : Para peneliti talah mengonfirmasi bahwa menyusui tidak menyebabka breast ptosis atau panyudara turun . Jadi ibu tidak perlu ragu menyusau buah hati ibu.

  1. MITOS MELAHIRKAN DENGAN MUDAH ADALAH KETURUNAN

SALAH : Mungkin ibu anda mewarikan panggul yang besar yang memudahakan proses persalinan. Faktor kelancaran dan normal juga dipengaruhi bobot bayi, posisi bayi, kesehatan ibu dan gaya hidup.

  1. MITOS DOYAN MAKAN DAGING BAYI LAKI-LAKI, DOYAN SAYURAN BAYI 
    PEREMUAN

SALAH : Sebernarnya jenis kalamin bayi telah ditentukan saat sel telur bertemu dengan sel sperma . Ketika terjadi perubahan dengan sel gamet ayah membawa kromoson x maka bayi akan berkelamin perempua, sedangkan gamet ayah membawa kromoson y bayi akan berkalamin laki-laki

  1. MITOS KEHAMILAN MEMBUAT UKURAN SEPATU BERTAMBAH

BENAR : Sebagian besar wanita mengalami beberapa pembengkakan di pengelanan kaki, talapak tangan dan betis selama kehamilan.

Demikian ulasan mengenai Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan, menjadi ibu hamil yang cerdas bukan hal yang susah kok Ladies, Pelajari dengan benar mitos-mitos yang Anda dengar dan beberapa di antaranya memang benar. Selalu berhati-hati menjaga kandungan agar sehat dan selamat sampai hari melahirkan tiba. Baca juga 6 tanda anda hamil bayi laki-laki dan cara mudah menghilangkan mual pada ibu hamil

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*