6 Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil

6 Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil6 Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil, Sedang hamil memang tak boleh makan sembarangan. Ada beberapa makanan bernutrisi yang boleh dimakan, dan ada pula yang tidak. Anda juga harus rela meninggalkan beberapa makanan kesukaan demi menjaga kondisi kesehatan kandungan.

Terlebih dahulu, Anda perlu mengonsultasikan kondisi kehamilan dan memantau setiap minggunya perkembangan janin. Manfaatnya agar bisa mencegah dan mendapatkan penanganan lebih awal apabila ada kelainan kesehatan yang mengganggu Anda dan janin.

Dilansir oleh boldsky, ada beberapa makanan yang bisa berbahaya apabila dikonsumsi ibu hamil. Beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Inilah ulasan mengenai 6 Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Ikan laut

Ikan laut atau seafood punya banyak vitamin dan protein yang tinggi. Selain itu, ikan laut juga punya kandungan Omega 3 yang terbaik. Namun, sayangnya di usia kehamilan muda, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan laut.

Penyebabnya hanya satu, kandungan merkuri di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan pada otak bayi. Apalagi sekarang banyak polusi di laut, dan pencemaran-pencemaran yang masih sulit dikendalikan.

Saat hamil, lebih baik menghindari makanan seperti cumi, mackerel, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

Makanan mentah

Makan ayam goreng tak lengkap kalau tanpa lalapan. Dan sebenarnya memang sayuran mentah jauh lebih segar dan lezat untuk teman makan lauk dan sambal. Namun, makan sayuran mentah ini bisa berbahaya bagi janin. Makanan mentah bisa saja mengandung bakteri atau virus yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Lebih baik dihindari terlebih dahulu, ketimbang terinfeksi virus hanya karena salah mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi.

Aneka saus berbahan dasar telur mentah
Karena telur mentah atau setengah matang menjadi pantangan, maka salad dressing, mayonaise, ice cream homemade, custard, ataupun cream kue sebaiknya dihindari. Coret semua menu makanan yang mengandung telur mentah dari daftar menu makan Anda.

Produk susu

Aneka produk susu umumnya tidak mengalami pasteurisasi yang sempurna, sehingga beberapa bakteri memang berkembang di dalamnya. Bakteri tersebut bisa berbahaya bagi perkembangan janin, sehingga sepanjang kehamilan disarankan untuk tidak mengonsumsi produk susu seperti keju tertentu, semisal feta dan brie. Pastikan Anda mengonsultasikan dengan dokter susu atau produk susu apa yang masih boleh dimakan.

Minuman atau makanan beralkohol

Makanan atau minuman beralkohol dapat menjadi racun yang buruk bagi ibu dan juga janin. Selain tak punya banyak nutrisi dan manfaat, alkohol dapat memicu resiko keguguran.

Buah atau sayur yang tidak dicuci

Buah dan sayur adalah makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Tetapi berbahaya apabila dikonsumsi tanpa mencucinya terlebih dahulu. Kandungan virus, bakteri ataupun juga pestisida di dalamnya bisa saja mengontaminasi janin dan menyebabkan janin terganggu oleh bakteri dan bahan kimia yang terbawa masuk ke dalam perut.

 

Demikian ulasan mengenai 6 Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil, semoga bisa membantu  para ibu hamil dalam menjaga makanannya selama mengandung. Baca juga cara menghilangkan mual saat sedang hamil dan cara menangani demam pada anak

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*