Perihal Kasus Hukuman Mati, Jokowi Tak Gentar Hadapi Protes Negara Asing

Perihal Kasus Hukuman Mati, Jokowi Tak Gentar Hadapi Protes Negara Asing

Keputusan pemerintah, dalam hal ini Kejaksaan, mengambil langkah eksekusi mati, membuat mata dunia terkejut. Eksekusi kemarin seolah menunjukkan Indonesia tak main-main memerangi kejahatan narkoba yang mayoritasnya dikendalikan asing.

Enam terpidana mati dalam kasus narkoba sudah dieksekusi pada Minggu (18/1) dini hari lalu. Satu warga negara Indonesia, sisanya warga negara asing.

Eksekusi dilakukan di dua lokasi berbeda. Lima terpidana dieksekusi di Nusakambangan, Cilicap, Jawa Tengah, dan seorang lagi di Boyolali.

Mungkin itu pula yang jadi alasan dua negara, Belanda dan Brasil berusaha keras melobi pemerintah Indonesia agar warga mereka diampuni dan tak ikut didor di hari eksekusi kemarin. Tapi pemerintah tegas tak bisa kompromi sebab eksekusi adalah keputusan akhir dari sebuah perkara di mana semua hak si terpidana sudah diajukan atas nama keadilan.

Tak cuma dua negara itu, belakang pemerintah Australia dan Nigeria juga melobi pemerintah. Mereka berharap hubungan bilateral yang terjalin selama ini bisa jadi pertimbangan untuk tak memasukkan nama warga negara Australia dalam daftar eksekusi.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*