Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama

Ibu Hamil Trimester Pertama

Saat trimester pertama merupakan periode dimana ibu hamil diharuskan memenuhi asupan makanan yang bergizi untuk membantu perkembangan janin agar tetap sehat dan membantu menjaga kesehatan kondisi ibu selama dalam kehamilan hingga melahirkan. Pemilihan makanan sangat penting bagi ibu hamil pada masa masa awal kehamilan karena perubahan hormone yang dialami ibu hamil selama awal kehamilan akan banyak mempengaruhi kondisi kesehatan dan stamina sehari hari.

Makanan yang penting bagi ibu hamil untuk asupan nutrisi awal kehamilan atau trimester pertama berupa asam folat, protein, vitamin, dan kandungan nutrisi penting lainnya untuk menunjang kesehatan dan perkembangan calon bayi dalam kandungan. Berikut Daftar makanan yang memiliki nutrisi penting yang wajib dipenuhi ibu hamil periode trimester pertama.
Sayur mayur
Sayur sayuran adalah salah satu asupan penting yang harus dijaga oleh ibu hamil saat memasuki trimester pertama karena kandungan pada sayuran seperti vitamin, zat besi, dapat meningkatkan kondisi tubuh ibu hamil agar tidak mudah lelah dan sakit selama awal awal kehamilan. Selain itu sayur sayuran juga dapat mengurangi rasa mual (morning sickness) yang kerap dirasakan oleh ibu hamil. Salah satu contoh sayur sayuran yang wajib dikonsumsi ibu hamil adalah sayuran yang bergizi tinggi seperti sayur sayuran hijau untuk menghilangkan mual,seperti sayur bayam, brokoli, kangkung, kacang panjang, dan semua sayuran hijau selain itu sayuran seperti jantung pisang, bahkan jagung bisa menjadi salah satu pilihan bagi ibu hamil.
Buah buahan
Buah buahan memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga stamina ibu hamil saat memasuki trimester pertama, salah satu contoh buah buahan yang kaya akan vitamin adalah pisang, papaya, apel, dan alpukat. Selain itu buah buahan memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk meningkatkan metabolisma tubuh selama awal kehamilan. Beberapa buah buahan seperti pisang, papaya, apel dan alpukat memiliki kandungan gizi penting karena tidak hanya mengandung vitamin saja namun memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak pada calon bayi. Oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi buah buahan agar tubuh selalu dalam kondisi prima dan tidak mudah sakit serta melahirkan bayi yang sehat dan cerdas dikemudian hari.
Seafood
Seafood bisa menjadi menu pilihan anda selama dalam trimester pertama karena selain memiliki rasa yang enak rata rata seafood memiliki gizi dan nutrisi tinggi seperti yang terdapat pada cumi-cumi, udang, ikan, dll. Dan jika anda alergi dengan makanan seafood seperti udang, lobster, atau cumi anda bisa mengalihkan dengan mengkonsumsi ikan terutama ikan yang tidak memiliki sisik seperti ikan baung, lele, patin, tuna, dan belut. Selain itu ikan memiliki sisik yang terkenal dengan kaya gizi adalah ikan gabus, anda juga bisa memasukkan ikan gabus kedalam menu harian anda untuk nutrisi awal kehamilan anda. Kenapa ikan yang tidak memiliki sisik direkomendasikan? Sebab rata rata ikan yang tidak memiliki sisik memiliki gizi yang jauh lebih tinggi dari ikan yang memiliki sisik.
Susu Dan produk olahannya
Salah satu asupan yang tak kalah penting selama awal kehamilan adalah susu, susu memiliki peranan penting dalam pertumbuhan bayi dalam kandungan serta menjaga kondisi ibu hamil agar selalu sehat. Ada banyak varian susu yang dapat menjadi pilihan bagi ibu hamil namun pilihlah susu yang memiliki kandungan gizi tinggi agar dapat membantu melengkapi nutrisi bagi bayi dan ibu hamil.
Sekian dulu informasi tentang Nutrisi ibu hamil trimester pertama semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi ibu hamil serta menjadi bacaan yang bermanfaat.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*