Menerjang Tabu, Wanita Ini Keliling Kota Memakai Gaun di Mesir

Wanita Ini Keliling Kota Memakai Gaun di MesirSapujagat.com – Pandangan tabu di masyarakat Mesir akan wanita yang sudah cukup umur namun tak juga menikah membuat Samah Hamdi, 27 tahun, seorang wanita Mesir yang belum menikah, berkeliling di jalan-jalan di pusat kota Kairo, Mesir dalam balutan gaun pengantin pada Minggu (18/1).

Dalam video yang menjadi viral di internet, Hamdi terlihat mengendarai kereta bawah tanah, berjalan di gang-gang sempit yang dipenuhi pedagang kaki lima, hingga makan di sebuah restoran, sendirian, dan mengenakan gaun pengantin, lengkap dengan hiasan kepala.

Seperti dilaporkan Ahram, proyek video ini ditampilkan pertama kali di Opera House di Kairo pada November 2014. Video ini terpilih sebagai salah satu karya dari 25 seniman muda Mesir berbakat. Adegan yang terdapat dalam video ini ditampilkan bersama dengan esai Hamdi tentang pemikiran konvensional masyarakat Mesir terkait wanita yang belum menikah.

Dalam kesempatan tersebut, video ini memenangkan hadiah Ahmed Basiouny sebagai instalasi video terbaik.

“Masyarakat percaya bahwa tujuan hidup wanita adalah untuk mendapatkan pria yang setara. Wanita menjadi dokter untuk mendapatkan suami dokter, atau wanita mengejar gelar master untuk mendapatkan pasangan dengan kelas sosial yang lebih baik,” kata Hamdi.

“Dan setiap kali wanita berpakaian hanyalah untuk menarik perhatian pria,” kata Hamdi melanjutkan.

Menurut data pemerintah Mesir pada tahun 2011, hampir sembilan juta warga Mesir mencapai usia 33 tahun dan belum menikah. Setengah dari jumlah tersebut adalah wanita.

Dalam situs berita Mesir, Ahram Online, Hamdi mengaku aksinya ini dipicu oleh rasa bosan terhadap reaksi keluarga besarnya yang kerap mendesak agar dia segera menemukan pasangan hidupnya. Dia juga sebalkarena kerap dianggap sudah terlalu tua untuk menikah.

“Saya hanya ingin keluarga saya, khususnya ibu saya, melihat saya dalam ‘status menikah’, seperti yang selama ini mereka inginkan,” kata Hamdi, yang merupakan mahasiswa pasca sarjana jurusan seni pertunjukan, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Minggu (18/1).

“Tidak peduli sebaik apa prestasi Anda, wanita di Mesir hanya dinilai dari sudah menikah atau belum, karena tujuan wanita hanya untuk menikah dan membangun anak,” kata Hamdi.

Video berdurasi lima menit tersebut menampilkan sekitar 56 foto Hamdi yang melakukan rutinitasnya sehari-hari, sembari mengenakan gaun pengantin. Pembuatan video ini memakan waktu hampir satu tahun.

Wanita Ini Keliling Kota Memakai Gaun di Mesir01

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*