Berikut Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

tekanan-darah-tinggi-

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah yang saat ini ditakuti oleh banyak orang karena naiknya tekanan darah dalam waktu yang cukup lama menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga terjadi kepala sering pusing, leher terasa pegal namun selain itu penyempitan pembuluh darah dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang nantinya dapat menjadi plak sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan menyebabkan berbagai masalah salah satunya stroke dan serangan jantung.
Tidak ada yang ingin mendengar penyakit serangan jantung atau stroke kedua penyakit ini memiliki reputasi yang sangat hebat dalam membunuh manusia dalam satu kali serangan seperti serangan jantung. Stroke juga tidak kalah hebat penyakit ini dapat menyebabkan manusia lumpuh dalam waktu yang lama bahkan dapat menyebabkan kematian dengan seketika.
Seseorang boleh dikatakan memiliki tekanan darah normal jika berada dalam kisaran 90-120 untuk sistolik atau 60-80 untuk diastolik. Jika melebihi angka tersebut maka tekanan darah anda sudah naik dan jika tekanan darah naik maka umum nya mulai terasa kepala pusing, leher menjadi pegal hal tersebut disebabkan sirkulasi darah di dalam tubuh mulai tidak lancar.
Oleh sebab itu kita dituntut untuk selalu memiliki pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, makan makanan sehat dan menghindari kebisaan yang tidak sehat seperti merokok dan minum alcohol. Adapun cara menurunkan tekanan darah yang tinggi sebenarnya dapat dicoba dengan melakukan beberapa tips berikut.
Konsumsi buah mentimun
Salah satu hal pertama yang wajib anda coba jika tekanan darah naik adalah dengan memakan buah mentimun segar, buah mentimun merupakan salah satu buah yang sangat efektif dan cepat dalam menurunkan darah tinggi anda.
Buah Alpukat
Buah alpukat adalah salah satu buah yang memiliki rasa nikmat dan dapat menjadi alternative bagi anda untuk menurunkan darah tinggi. Cara tepat mengkonsumsi buah alpukat untuk menurunkan darah tinggi adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat saja tanpa tambahan gula ataupun susu.
Sayuran Hijau
Sayur sayuran merupakan salah satu asupan penting yang harus anda konsumsi setiap hari karena selain kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sayur sayuran juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah anda menjadi kembali stabil. Sayur sayuran yang efektif untuk menurunkan tekanan darah diantaranya adalah sayur sayuran hijau seperti brokoli, kacang panjang, kacang buncis, bayam, dll. Dan perhatikan masaklah sayur dengan memberi tidak terlalu banyak garam sebab garam merupakan salah satu penyebab darah tinggi naik.
Seledri
Seledri juga bisa menjadi alternative untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda, salah satu cara yang tepat mengkonsumsi seledri adalah dengan membuat jus seledri. Seledri sudah dikenal sejak zaman dahulu akan khasiatnya yang dapat menurunkan tekanan darah hal tersebut disebabkan karena daun seledri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kalium yang dapat membantu melancarkan aliran darah dalam pembuluh arteri.
Rajin Berlolahraga
Salah satu cara tepat untuk mengobati darah tinggi dalam jangka waktu yang lama adalah dengan rajin berolahraga setiap hari. Dengan rajin berolahraga maka lemak lemak dalam tubuh akan menipis serta kolestrol jahat dalam tubuh juga akan berkurang. Biasakanlah untuk berolahraga minimal 15 menit sehari seperti marathon, lari di treadmill dan lain lain.
Perhatikan lah bahwa tekanan darah tinggi bisa kembali kapan saja jika anda tidak menjalani program hidup sehat serta menjauhi makanan makanan penyebab darah tinggi. Rajin berolahraga adalah salah satu solusi yang bisa menjauhkan anda dari tekanan darah tinggi dalam jangka waktu yang lama.
Nah demikianlah informasi tentang Cara mengobati tekanan darah tinggi secara alami semoga saja tulisan ini dapat menyadarkan kita akan pentingnya dan mahalnya sebuah kesehatan. Oleh sebab itu mulai dari sekarang biasakan hidup sehat dan bagi anda yang masih muda jangan sia siakan umur anda dengan bermalas berolahraga jika tidak mau menderita di hari tua. Selalu jaga kesehatan tubuh, makan makanan sehat dan hindari merokok dan alcohol maka anda akan mendapatkan kesehatan yang tak ternilai harganya di hari tua nantinya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*