6 Ciri Umum Diabetes Melitus

6 ciri umum diabetes melitus6 ciri umum diabetes melitus, sakit Diabetes berasal dari istilah Yunani yaitu artinya pancuran atau curahan, sedang Melitus atau Mellitus artinya gula atau madu. Dengan demikian secara bahasa, Sakit Diabetes adalah curahan cairan dr tubuh yang bayak mengandungan gula. Cairan yang dimaksud di sini adalah air seni yang berasa manis karena banyak mengandung gula.

Sakit Diabetes adalah suatu penyakit yang ditandai adanya peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat dari organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Insulin sendiri adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia.

Diabetes melitus (DM) adalah salah satu kelainan metabolik paling umum berupa kadar gula darah yang tinggi. Gejala umum adalah poliuria, polidipsia, polifagia, dan berat badan turun.

1 Prevalensi diabetes pada kelompok usia 45-54 tahun untuk daerah perkotaan di Indonesia menduduki peringkat ke-2 yaitu 14,7%.2 Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan penyandang diabetes di Indonesia pada tahun 2030 akan mencapai 21,3 juta jiwa.

Hal ini akan menjadikan Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam hal jumlah penderita diabetes setelah Amerika Serikat, Cina, dan India.3

Dari definisi sakit diabetes dan faktor serta sebab dasar terjadinya kenaikan kadar gula di atas inilah akhirnya sakit Diabetes dibagi menjadi tiga (3) tipe, yaitu:

  • Diabetes melitus tipe 1, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh oleh kurangnya produksi hormon insulin oleh organ pankreas
  • Diabetes melitus tipe 2, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh kurangnya respon tubuh terhadap insulin sehingga penggunaan hormon tersebut menjadi tidak efektif
  • Diabetes gestasional, yakni penyakit diabetes yang sebabkan tubuh tidak bisa merespon hormon insulin karena adanya hormon penghambat respon yang dihasilkan oleh plasenta selama proses kehamilan.

Mengenal dan memahami gejala sakit diabetes sangat penting dan sangat bermanfaat. Mengetahui gejala sejak awal suatu penyakit akan memudahkan kita didalam mencegah penyakit tersebut berkembang ke arah stadium yang lebih parah. Termasuk di sini sakit diabetes melitus yang tergolong penyakit sangat mematikakan kalau tidak segera ditangani sedini mungkin.

 

Nafsu makan yang meningkat

disebut pula sebagai polifagia, terjadi ketika kadar gula darahnya tinggi. Sel-sel di dalam tubuh akan merasa kelaparan, karena tidak dapat menggunakan glukosa yang berada di dalam aliran darah. Hal inilah yang membuat seseorang selalu merasa kelaparan.

Sering buang air kecil

Hal ini menunjukkan poliuria disebabkan oleh tingginya jumlah glukosa dalam urin. Kemudian sering merasa haus, Ini bisa jadi merupakan polydypsia yang disebabkan oleh peningkatan buang air kecil dan hilangnya cairan.

Berat badan turun

penderita diabetes, tubuh tidak dapat memanfaatkan glukosa yang tersedia. Karena ketiadaan bahan bakar, akhirnya lemak pun dibakar. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan.

Sering merasa lelah sepanjang hari

Karena cadangan glukosa yang tidak digunakan, tubuh tidak mampu untuk mendapatkan energi dan karenanya merasa lebih lelah.

Merasa kesemutan di kaki dan jari-jari atau ada sensasi mati rasa

Tingkat glukosa yang tinggi dalam tubuh dapat mempengaruhi saraf sehingga dapat menyebabkan kesemutan atau ‘neuropati diabetes’.

Penglihatan Anda menjadi kabur

Bentuk dan fleksibilitas lensa mata berubah karena gula darah yang tinggi, sehingga mendistorsi kemampuan mata untuk fokus. Hal ini menyebabkan penglihatan kabur.

 

Demikian ulasan tentang 6 ciri umum diabetes melitus, semoga bermanfaat untuk anda. Baca juga 8 langkah mencegah diabetes dan 5 makanan yang bisa menurunkan kolesterol anda

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*