5 Tips Mengobati Asam Urat Secara Alami

5 tips mengobati asam urat secara alami5 tips mengobati asam urat secara alami, asam urat atau para ahli medis menyebutnya dengan hyperuricemia, adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Nah Purin itu sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup.

Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah kedalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini. Asam urat biasanya sering menyerang seseorang yang berusia lanjut, untuk pria biasanya berusia 40 tahun ke atas, sedangkan wanita saat memasuki usia menopause. Sebagian besar orang yang menderita asam urat biasanya juga mempunyai penyakit lain seperti penyakit ginjal, penyakit diabetes, atau hipertensi.

Awal Gejala ASAM URAT:

  1. Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada bagian persendian, atau terasa ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan). Biasanya rasa nyeri tersebut akan timbul dalam dua waktu yaitu malam hari dan pagi hari, saat anda bangun tidur. Rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang-ulang dan menyerang bagian-bagian tubuh seperti, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan.

Penyebab ASAM URAT :

  • Mengkoonsumsi zat-zat yang banyak mengandung purin secara berlebihan.
  • Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat.
  • Terjadinya peningkatan Kadar asam urat dalam tubuh, sehingga ginjal kita tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat.
  • Banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian.
  • Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.

Pada kejadian kasus yang parah, penderita asam urat sampai tidak dapat berjalan karena pada persendian terasa sangat sakit sekali jika bergerak. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos dan mengalami pengapuran tulang.

Untuk Penderita ASAM URAT kami sarankan memakan makanan yang sehat seperti:

  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
  • Jangan minum aspirin
  • Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

Berikut ini adalah 5 tips mengobati asam urat secara alami;

1. Ramuan tradisional cengkeh dan ubi jalar merah

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah, 1000 ml air, dan 200 gram ubi jalar. Caranya yaitu, rebus semua bahan tadi ke dalam 1000 ml air, didihkan hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya. Namun, untuk ubi jalar sendiri bisa Anda konsumsi secara langsung (dimakan).

2. Daun salam

Bahan-bahannya adalah 10 lbr daun salam dan 2 gelas air. Caranya, rebus 10 lbr daun salam yang sudah dibersihkan ke dalam 2 gelas air, lalu didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya secara rutin, sebanyak 2 kali sehari.

3. Buah pare

Bahannya: 1 buah pare, 2 gelas air. Caranya yaitu dengan membuang biji buah pare, setelah itu cuci bersih buah pare dan potong-potong, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan pare tadi. Minum secara teratur 1 kali sehari.

4. Campuran daun sosor bebek, cengkeh dan jahe

Bahan-bahan pembuatannya adalah 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 4 lbr daun sosor bebek, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, jahe 10 gram, dan 600 ml air. Caranya yaitu rebus semua bahan yang sudah dibersihkan ke dalam 600 ml air bersih, lalu didihkan hingga tersisa 300 ml air. Kemudian saring air rebusan tadi, dan minum ramuannya hingga 3 kali sehari secara teratur. Minum 300 ml air ramuan tadi dibagi 3 kali untuk satu kali minum. Yaitu masing-masing 100 ml air.

5, Tekokak dan leunca

Tekokak dan leunca bisa kita masak jadikan sayur dan makan secukupnya usahakan 2 hari sekali.

 

Demikian ulasan mengenai 5 tips mengobati asam urat secara alami, semoga bermanfaat untuk anda. Baca juga khasiat lengkuas bagi kesehatan dan khasiat daun sirsak bagi kesehatan

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*