Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smoothing dan Rebonding

cara merawat rambut rusak akibat smothing dan rebonding

 

cara merawat rambut rusak akibat smoothing dan rebonding. Untuk yang memiliki rambut asli lurus, penggunaan smoothing untuk meluruskan rambut dapat bertahan lama tanpa harus dilakukan pengulangan terus menerus. Tapi untuk mereka yang memiliki rambut begelombang, proses smoothing harus terus diulang. Sebab jika tidak, rambut yang baru tumbuh akan tampak aneh karena berbeda dengan rambut yang telah mengalami proses smoothing. Namun smothing yang dilakukan terus menerus juga dapat berdampak pada kerusakan rambut.

Rebonding bisa menjadi cara yang mudah untuk memiliki rambut yang cantik, lurus dan indah. Namun sayangnya penggunaan bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut memiliki efek samping yang tidak menyenangkan bagi rambut. Rebonding yang dilakukan terus menerus ternyata hanya akan merusak kesehatan alami rambut.

Inilah cara merawat rambut rusak akibat smothing

Gunakan sisir dengan ujung bulat dan bergigi jarang

Agar kerusakan rambut yang terjadi tidak semakin parah, gunakanlah sisir dengan gigi jarang dan ujung bulat ketika menyisir rambut. Sisir dengan ujung bulat dan gigi jarang akan secara halus menyentuh kulit kepala, jadi tidak menyebabkan lecet dan mematahkan rambut yang kering.

Jaga Frekuensi Keramas

Frekuensi keramas yang benar juga bisa menjadi cara merawat rambut rusak akibat smoothing. Keramaslah paling tidak dua kali seminggu untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dan mencegah ketombe. Keramas secara teratur juga akan menjaga kelembaban rambut dan mencegahnya kering dan rusak.

Pilih kondisioner dan shampo yang tepat

Gunakan shampo dan kondisioner yang tepat untuk merawat rambut rusak akibat smoothing. Anda bisa memilih shampo dan kondisioner untuk rambut kering guna menjaga kelembaban rambut Anda.

Gunakan vitamin rambut

Rambut Anda telah terlanjur rusak karena proses smoothing yang tidak beraturan. Memberikan nutrisi yang diperlukan rambut sangat penting untuk memperbaiki kerusakan rambut. Cara merawat rambut rusak akibat smoothing dapat dilakukan dengan memberikan vitamin rambut ketika Anda baru keramas. Vitamin rambut dapat memperbaiki rambut yang rusak dan menjaganya tetap sehat.

Menjaga kelembaban rambut

Memang cukup sulit untuk menjaga kelembaban rambut yang telah rusak akibat smoothing. Tapi Anda dapat memakai anti-frizz spray atau  anti-frizz oil  pada rambut Anda sebelum beraktifitas. Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun atau madu untuk menutrisi rambut.

 

Berikut cara merawat rambut rusak akibat rebonding

  • Hindari penggunaan hair dryer

Meskipun alat tersebut berfungsi untuk mengeringkan rambut, namun kenyataanya penggunaan alat tersebut menimbulkan efek samping. Alat pengering rambut dapat merusak jaringan rambut dan kulit kepala. Tentunya ini akan berdampak buruk untuk rambut, bahkan untuk rambut normal yang tidak direbonding sekalipun. Penggunaan alat pengering rambut mengeluarkan suhu yang cukup panas, panas yang berlebihan akan menjadikan rambut rusak dan rapuh. Namun jika Anda terpaksa menggunakannya, aturlah dengan suhu serendah mungkin agar lebih aman. Jika rambut Anda telah mengalami kerusakan akibat rebonding, lebih baik untuk mengeringkannya dengan cara alami saja, misalnya dengan menganginkan di tempat teduh.

  • Gunakan sisir bergigi jarang

Menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat akan meningkatkan rusaknya rambut semakin parah. Bahkan untuk rambut normal sekalipun yang tidak rebonding. Rambut akan rawan patah dan pecah akibat penggunaan sisir bergigi rapat. Jadi, gunakan saja sisir bergigi jarang untuk rambut Anda, terlebih jika mengalami kerusakan akibat rebonding. Sisrlah rambut dengan pelan dan pola yang benar untuk meminimalisar terjadinya rambut rusak.

  • Gunakan gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut begitu banyak. Mulai dari merawat rambut kering, mengatasi masalah kerusakan rambut hingga menjadikan rambut lebih berkilau. Jadi, penggunaan lidah buaya bisa menjadi cara merawat rambut rusak akibat rebonding yang efektif. Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil gel lidah buaya. Kemudian gunakan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan agar nutrisi yang terdapat pada lidah buaya meresap pada rambut dan kulit kepala. Kemudian, bilas menggunakan shampo sampai benar-benar bersih.

  • Potong rambut tiga bulan sekali

Mencukur rambut setiap tiga bulan sekali sangat disarankan, terlebih jika rambut mengalami kerusakan akibat rebonding. Memotong rambut secara rutin bertujuan untuk membuang ujung rambut yang rusak dan bercabang.

 

Demikian cara merawat rambut rusak akibat smoothing dan rebonding, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca khususnya wanita. Karna rambut adalah mahkota untuk wanita. Baca juga cara meluruskan rambut secara alami dan cara mengatasi rambut kering dan kusam secara alami dan tradisional

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*