3 Manfaat Kulit Jeruk

3 manfaat kulit jeruk3 manfaat kulit jeruk, Hasil dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menunjukkan, bahwa kulit jeruk lebih efektif untuk mengurangi kolesterol LDL dibanding obat yang diresepkan. Masih menurut penelitian tersebut, kandungan senyawa flavon polymethoxylated dalam kulit jeruk juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan peradangan.

Inilah 3 manfaat kulit jeruk yang mungkin belum anda tau

Manfaat Pencernaan

Sifat kulit jeruk ini juga sebagai anti microba, serta anti peradangan, sehingga dapat memperbaiki kondisi pencernaan yang sedang sakit atau terinfeksi. Bahkan ia dapat mengontrol kolesterol tinggi.

Saat diolah menjadi minyak, kulit jeruk dapat membuat tubuh lebih rileks serta mengantar tidur agar tidur lebih nyenyak.

Manfaat Kecantikan

Dalam hal kecantikan, kulit jeruk mampu menyeimbangkan kondisi kulit. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan jauh dari problem jerawat.

Saat dikeringkan dan dijadikan sebagai bubuk, kulit jeruk mampu berperan sebagai exfoliator. Menghilangkan sisa sel-sel kulit mati, mengatasi problem komedo, serta membuat kulit lebih berkilau.

Manfaat lain dari kulit jeruk ini adalah apabila dijadikan masker, ia dapat membantu menghilangkan noda hitam di kulit serta menyegarkan kembali kulit kusam. Apabila diaplikasikan pada kulit secara teratur, maka ia dapat mencegah pertumbuhan jerawat serta mencegah bakteri lain menimbulkan masalah pada kulit.

Manfaat di dunia kuliner

Sedikit menyinggung soal kulit jeruk di dunia kuliner, ternyata kulit jeruk dapat dijadikan penyedap rasa lho. Memberikan rasa lebih segar dalam menyeimbangkan menu berlemak, kulit jeruk biasa ditambahkan pada menu-menu yang memang berkuah dan terlalu oily.

Adapun manfaat kulit jeruk yang lainnya, diantaranya;

1. erat
Ada sekitar 4,4 gram serat yang terkandung dalam buah apel berukuran sedang. Namun bila buah apel dikonsumsi tanpa kulit, maka anda hanya mendapatkan serta sekitar 2,1 gram saja, kurang dari jumlah serta harian yang disarankan yakni 3 gram.

2. Vitamin
Mengonsumsi sebutir apel berserta kulitnya akan memberi anda 8,4 miligram vitamin C dan 98 IU vitamin A. Sementara bila makan buah apel dengan terlebih dahulu mengupas kulitnya, maka apel hanya akan mengandung sekitar 6,4 miligram vitamin C dan 61 IU vitamin A. Perlu untuk anda ketahui bahwa kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan adalah sekitar 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria yang tidak merokok, serta 110mg untuk pria yang perokok.

3. Mineral
Tidak hanya vbanyak mengandung vitamin, bahkan menurut studi dari University of Illinois, kulit apel juga merupakan sumber mineral-mineral penting bagi tubuh, seperti kalsium, potasium, dan fosfor. Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Sementarakandungan potasium dibutuhkan untuk kesehatan sel-sel tubuh, jantung, dan sistem pencernaan.

4. Mencegah penyakit kanker
Senyawa triterpenoid dalam kulit apel membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus dan sel-sel kanker payudara, demikian menurut hasil studi dari Cornell University pada tahun 2007.

5. Baik untuk diet sehat
Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2012, kulit apel juga mengandung asam ursolat yang meningkatkan fungsi otot dalam membakar kalori, serta menurunkan risiko obesitas. Ini artinya mengonsumsi buah apel bersama dengan kulitnya baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

6. Mengurangi masalah pernapasan
Kulit buah apel memiliki antioksidan jenis quercetin yang terbukti baik untuk kesehatan paru-paru. Bahkan menurut studi, mereka yang rutin makan lima butir atau lebih apel seminggu memiliki fungsi pernafasan yang lebih baik.

Selain baik untuk pernapasan, menurut sebuah studi pada 2004, senyawa quercetin juga melindungi memori anda. Antioksidan ini membantu melawan kerusakan jaringan di otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan masalah degeneratif lainnya.

 

Demikian ulasan 3 manfaat kulit jeruk, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Baca juga manfaat pepaya untuk memutihkan wajah dan manfaat madu untuk mencerahkan kulit

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*