Bahaya Rokok Elektrik Yang Harus Diketahui

hisap-rokok-elektrik-bahayanya

Ditengah kampanye agar berhenti merokok kini hadir rokok elektrik yang digadang gadang sebagai rokok yang lebih bagus karena lebih sehat dari rokok biasa yang dihisap banyak orang, pertanyaannya apakah benar rokok elektrik lebih sehat ? Sebelumnya ada baiknya kita membahas sedikit tentang rokok elektrik, rokok elektrik merupakan rokok yang didesain se modern mungkin agar pecandu rokok segera berhenti menghisap rokok namun banyak yang tidak mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari rokok elektrik ini yaitu adalah resiko kanker yang ditimbulkan nya. Kok Bisa ? Ya sebuah penelitian di jepang mengatakan uap yang dihisap dari rokok elektrik mengandung zat karsinogenik atau zat penyebab kanker seperti formaldehyde dan acetaldehyde. Bahkan rokok elektrik ini memiliki resiko kanker 10 kali lebih berbahaya dari rokok biasa yang dihisap oleh banyak orang.

Sehingga saat ini WHO sebagai organisasi kesehatan dunia telah melarang penjualan rokok ini secara bebas karena ditakutkan membahayakan kesehatan terutama jika uapnya terhirup oleh anak anak. Memang rokok bisa menjadi pisau bermata dua baik rokok biasa maupun rokok elektrik, yang mana dapat berbahaya tidak hanya bagi pecandu nya saja namun juga berbahaya bagi orang orang yang disekitarnya sehingga saat ini sangat banyak orang yang membenci orang yang perokok dan bahkan menjauhi perkumpulan orang orang perokok.

Rokok elektrik ini memang didesain semodern mungkin agar pecandu rokok bisa menghilangkan ketergantungan nya akan nikotin. Rokok elektrik ini menguapkan nikotin cair menggunakan tenaga baterai dan listrik sehingga pecandu rokok dapat menikmati rokok meskipun tanpa melakukan pembakaran tembakau.

Persepsi jika rokok elektrik ini aman merupakan sebuah persepsi yang salah dan harus dibuang jauh jauh persepsi tersebut. Tidak hanya meningkatkan resiko kanker hingga 10 kali lipat lebih berbahaya namun rokok elektrik ini juga dapat membahayakan bagi pernapasan lebih buruk dari rokok konvensional. Sehingga sangat salah jika rokok elektrik dipersepsikan sebagai rokok sehat dan wajib dihisap oleh pecandu rokok agar segera berhenti merokok. Sebenarnya  meskipun rokok ini didesain untuk menghentikan pecandu rokok agar berhenti merokok namun tetap saja belum bisa dibuktikan secara ilmiah karena adanya nikotin cair yang terdapat pada rokok elektrik. Nikotin cair ini akan membuat candu penghisap rokok semakin kuat dan bahkan dikhawatirkan adanya perpindahan habbit dari rokok biasa menjadi rokok elektrik, tentu ini akan menghasilkan bahaya 2 kali lipat baik bagi penghisap maupun bagi orang disekitarnya.

Nah demikianlah artikel tentang bahaya rokok elektrik yang harus diketahui semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi pecandu rokok agar segera menghentikan kebiasaan rokok nya meskipun tanpa menghisap rokok elektrik karena jika dilakukan dengan niat yang sungguh sungguh maka kebiasaan merokok akan hilang dengan mudah.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*