Yuk buat Mie Ramen ala rumah, gampang loh !

japanese ramen

Mie ramen. Siapa yang tidak ngiler dengan mie ramen ? Bagi anda penggemar film animasi Naruto, tentu anda mengenal betul sang pemeran utama begitu menyukai mie ramen, dan tentu saja ketika Naruto memakan mie ramen kita dibuat ngiler dengan mie ramennya. Ups, sekarang anda bisa membuatnya loh dengan mudah bila anda mengikuti semua tips di bawah ini.

Selama ini, konsumsi mi dianggap tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak pengawet. Tapi bagaimana jika Anda membuat mi di rumah sendiri? Apalagi mi ramen. Selain aman untuk dikonsumsi, mi buatan sendiri juga lebih terjamin kebersihannya.

Untuk bisa membuat mi ramen sendiri di rumah, chef Harry, consultant Restoran Sagami, memberikan resep sederhana.

Ini lah resepnya :

  • Anda cukup menyiapkan bahan-bahan, yaitu 1 kg tepung terigu, 200 gr sagu, dan 1 liter telur (setelah dipecahkan). Bahan ini cukup untuk membuat 15-20 porsi mi dengan masing-masing porsi 100 gram.
  • Campurkan semua bahan dalam satu wadah. Buat hingga menjadi adonan dan uleni sampai kalis. Setelah adonan tercampur secara sempurna, taruh adonan di tempat yang cukup luas dan rata, seperti di atas meja, kemudian ratakan dengan menggunakan bambu atau penggiling adonan. Setelah itu, diamkan sampai mengembang.
  • Jika adonan sudah mnegembang, cetak adonan sampai berbentuk mi dengan menggunakan alat pencetak mi atau bisa dipotong dengan menggunakan pisau secara tipis-tipis dengan ukuran kurang lebih 5 milimeter.
  • Setelah itu, rebus mi selama 20-25 menit. Jaga agar mi jangan sampai terlalu matang. Bahkan, biasanya orang Jepang memasak mi hanya sampai setengah matang.
  • Sambil menunggu mi matang, Anda bisa menyiapkan kuahnya. Kuah mi ramen terbuat dari kaldu ayam. Anda bisa merebus ayam atau tulang ayam dengan ditambah daun bawang, jahe, dan bawang putih. Jangan lupa juga untuk menambahkan garam secukupnya. Untuk menambah cita rasa Jepang, Anda bisa menambahkan soyu atau kecap asin ke dalam kuah. Masak sampai mendidih, lalu saring.
  • Anda juga bisa menambahkan topping sesuai keinginan Anda. Bisa ditambah daging, ayam, telur rebus, maupun udang. Taruh mi dan bahan-bahan lainnya yang Anda inginkan, lalu siram dengan kuah kaldu. Mi ramen pun siap disajikan.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*