Budi Gunawan Jadi Kapolri, KMP Kompak Dukung Komjen Budi Gunawan

1421225687Sapujagat.com – Rabu (14/1/2015) pagi ini fit and proper test terhadap Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri benar-benar dilakukan Komisi III DPR. PD yang sejak awal menyatakan menolak fit and proper test tersebut konsisten tak mengikuti proses uji kelayakan.

Komisi III DPR setuju Komjen Budi Gunawan diangkat jadi Kapolri. Merespons persetujuan itu, Komjen Budi mengucapkan terima kasih.

“Syukur kami ucapkan terima kasih diputuskannya secara aklamsi saya disetujui menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia,” kata Komjen Budi usai mendengar persetujuan Komisi III di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/1/2015) yang dikutip dari Detik.com.

Sebanyak 34 anggota DPR dari fraksi lainnya mengikuti proses fit and proper test. Anggota DPR dari KMP cenderung menyatakan dukungn ke Budi Gunawan. Anggota Komisi III DPR dari PKS, Aboebakar Al Habsy misalnya, melontarkan pujian setinggi langit ke Budi Gunawan yang dipandang sebagai sosok yang layak jadi Kapolri

“Cukup apik dan cukup matang dan tersasar semua di visi misinya. Ini pantasnya presiden, tapi saya tidak berlebihan, saya harus mengapresiasi kepada calon Kapolri. Semoga apa yang ditulis bukanlah tulisan semata tapi benar-benar dilaksanakan,” puji Aboebakar saat menyampaikan pertanyaan di tengah fit and proper test di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Perihal penetapan tersangka, PKS melihat tak jadi ganjalan fit and proper test diteruskan. “Ini sangat mengagetkan, kemungkinan di dunia baru kali ini ada calon Kapolri yang sudah pada hari H-nya jadi tersangka. Tapi Komisi III tetap on the track karena bapak presiden belum memberikan surat yang selanjutnya,” katanya.

Politikus PKS lainnya, Nasir Djamil bahkan yakin fit and proper test Komjen Budi Gunawan bakal mulus. “‚ÄéKalau melihat antusiasme sejak kemarin, sepertinya beliau akan mulus menjadi Kapolri,” kata anggota Komisi III dari PKS Nasir Djamil. Memang para anggota Komisi III mayoritas mempersoalkan penetapan tersangka Komjen Budi oleh KPK. Tak ada anggota yang menyerang integritas Komjen Budi yang kini statusnya tersangka KPK.

Komjen Budi berjanji akan memegang amanah sebagai Kapolri sebaik-baiknya. Dia akan berupaya untuk mengemban tugas sebagai Kapolri dengan amanah.

“Terima kasih dan mohon dukungannya terhadap amanah ini,” ujarnya.

Kemudian satu persatu anggota Komisi III menghampiri dan menyalami Komjen Budi. Mereka mengucapkan selamat dan memberi hormat.

151909_salaman

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*