Jokowi terkejut Budi Gunawan Ditetapkan Sebagai Tersangka Rekening Gendut

Jokowi2Sapujagat.com – Ketua KPK Abraham Samad mengumumkan penetapan tersangka atas nama Budi Gunawan, Selasa siang (13/1). Menurut Samad, penyidik menemukan transaksi tidak wajar selama proses penyelidikan yang dimulai pada Juli 2014.

Dugaan rekening gendut Budi mengemuka ketika Pusat Pelaporan dadn Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melakukan penelusuran terhadap transaksi sejumlah pejabat polisi, termasuk Budi.

Dari hasil penelusuran itu, ditemukan ada indikasi tak wajar dalam rekening Budi Gunawan. Namun Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Ronny Sompie menegaskan, Polri telah menyelidiki laporan PPATK yang disampaikan tahun 2010. Hasilnya, Polri tak menemukan indikasi tindak pidana dalam transaksi Budi.

Dari istana dilaporkan Presiden Joko Widodo terkejut ketika mengetahui calon tunggal pengganti kapolri yang ia tunjuk, Komjen Pol Budi Gunawan, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut diungkapkan oleh Sekertaris Kabinet Andi Widjajanto di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/1) petang. “(Presiden) terkejut, terutama karena Beliau mengikuti isu yang berkembang tentang Pak Budi Gunawan,” ujar Andi yang dikutip dari CnnIndonesia.

Andi menyampaikan, Jokowi telah mengetahui bahwa isu kepemilikan rekening gendut oleh Budi sudah muncul sejak tahun 2005, 2008, 2013, dan seterusnya. “Tetapi saat itu belum ada tindakan dan status hukum yang pasti untuk Pak Budi Gunawan. Baru hari ini status dan tindakan hukum itu ditetapkan oleh KPK,” kata dia.

Andi mengaku, dirinya dan Pratikno akan bersiaga di kantornya hingga malam hari ini untuk menunggu arahan dan keputusan selanjutnya mengenai hal ini dari Jokowi. “Kami akan standby di kantor menunggu arahan presiden,” ujar dia.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*