Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Secara Alami

Cara-Mengusir-TikusSapujagat.com – Memiliki rumah yang ramai dengan tikus tentu akan membuat was-was. Selain karena barang-barang anda akan terancam digigitnya. Makanan yang ada di rumah akan mudah tercemari oleh virus yang bawa oleh tikus.

Inilah beberapa cara mengusir tikus dari rumah secara alami

Peppermint (Daun mint)

Cara yang pertama cukup mudah, dengan membeli beberapa ikat daun mint kemudian diambil sarinya dan larutkan ke dalam air. Setelah larut semprotkan cairan mentol tersebut ke tempat-tempat kesenangan atau yang sering dilalui oleh tikus. Tikus sangat membenci aroma daun mint ini.
Sehingga tikus akan menghindari tempat yang berbau daun tersebut. Atau jika ingin lebih hemat lagi, yakni dengan menanam pohon mint di sekitar rumah. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun mint pun dapat mengusir tikus-tikus yang berusaha masuk ke rumah.

Soda Pop (Bom Soda)

Cara yang kedua bukan saja unik tapi lucu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa tikus tidak mampu bersendawa ataupun mengeluarkan gas dari tubuhnya. Untuk itulah cairan ataupun bubuk baking soda dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mengusir tikus.
Kita hanya perlu mencampurkan cairan soda ataupun seruk baking soda ke dalam makanan yang disenangi tikus, yakin deh tikus bakal kapok mencuri makanan di rumah kita. Bayangkan saja, ia tidak mampu mengeluarkan gas yang hasil reaksi cairan soda dengan asam di dalam perut. Kembung deh!

Saus Cabai, Air dan Deterjen Pakaian

Cara yang ketiga dilakukan untuk yang hobi berburu, yakni dengan mencampurkan saus cabai terpedas dengan deterjen pakaian kemudian dilarutkan ke dalam air di dalam botol spray. Nah, si pemburu tikus rumah harus siap siaga dengan botol spray pedas di sampingnya.
Eehingga ketika muka tikus atau bagian bokong tikus nongol tinggal semprot deh. Catatan penting, hati-hati menggunakan dan menyimpannya karena berbahaya terutama jika terkena mata!

Ammonia

Ammonia merupakan zat yang terkandung di dalam urin manusia, nah cairan tersebut pun bisa mengusir para tikus nakal yang bersembunyi di sudut-sudut rumah. Cara dengan menyemprotkan ammonia (jangan terlalu banyak, atau seisi rumah kita bau pesing) ke daerah-daerah yang dihuni atau dilewati tikus.
Ammonia tersebut berfungsi untuk menghilangkan tanda kekuasaan tikus, sehingga tikus akan tersesat dan mencari teritori baru. Disebutkan bahwa tikus menandai daerah kekuasaannya dengan air kencingnya, nah dengan menyemprotkan ammonia yang berbeda maka jejak dan kekuasanya akan hilang.

Suara Aneh

berikutnya adalah menggunakan perangkat apapun yang dapat mengeluarkan bebunyian aneh, cara in merupakan yang paling di antara poin-poin sebelumnya. Bisa menggunakan mainan yang masih berfungsi namun sudah tidak terpakai.
Kemudian meletakkannya di tempat-tempat yang selalu didatangi ataupun dilalui oleh tikus. Selain membenci bunyi jangkrik, kucing dan anjing, tikus ini selalu merasa terganggu dengan bunyi-bunyian aneh –yang belum pernah ia dengar sebelumnya.

Jangkrik

Carilah jangkrik (Gryllus assimilis) yang biasa digunakan untuk aduan yang dapat mengerik. Letakkan jangkrik di tempat yang biasa dilalui tikus seperti di kamar atau di dapur. Tikus-tikus tidak akan berani menghampiri tempat tersebut karena sifat tikus yang tidak betah dengan keramaian.

Kucing

Peliharalah kucing (Felis sp) di rumah, terutama kucing jenis tertentu yang dapat memangsa tikus, niscaya rumah anda aman dari tikus. Kucing merupakan musuh alami bagi tikus.

Ular

Ular juga adalah musuh alami dari tikus. Di tempat dimana ada ular, di situ tikus tidak akan dapat hidup. Tetapi tentu cara ini bukan anjuran untuk semua orang.

Buah Mengkudu

Persiapkan dua atau tiga buah mengkudu (Morinda citrifolia L). Potonglah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Letakkan mengkudu tersebut dalam wadah berisi potongan mengkudu di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dari buah mengkudu akan membuat tikus pergi dari rumah.

Buah Durian

Persiapkan dua atau tiga buah durian (Durio zibethinus). Potonglah durian menjadi beberapa potong. Bagian yang enak, makanlah isinya. Kemudian, letakkan potongan kulit durian tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dan kulit yang berduri dari durian akan membuat tikus pergi dari rumah.

Minyak Mint

Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.

Kapur Barus (Kamper)

Hancurkan secara kasar saja beberapa buah kapur barus (Dryobalanops aromatica) kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif dan murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.

Batang Tanaman Berduri Tajam

Ada beberapa jenis tanaman baik berkayu maupun tidak yang berduri tajam, misalnya pelapah salak dan beberapa jenis batang tanaman hias berduri. Letakkan beberapa potong tanaman khususnya yang berduri sangat tajam di tempat tikus biasa berkeliaran. Tikus akan segan melewati tempat itu karena sakit bila terkena duri tajam.

Mewarnai / Mengecat Badan Tikus

Tangkap satu ekor tikus, kemudian lumuri badannya dengan cat kayu/besi berwarna mencolok, lalu lepaskan. Tikus tersebut tidak akan datang lagi demikian pula tikus-tikus lain juga tidak akan datang lagi ke tempat tersebut karena takut.

Keefektifan cara-cara membasmi dan mengusir tikus tersebut tentu bergantung pada banyak hal, misalnya konstruksi ruangan dan rumah, kedekatan rumah dengan sumber makanan tikus, faktor alam, jenis tikus, resistensi tikus, dan lain-lain.

Demikian cara mengusir tikus dari rumah secara alami, memang untuk hewan yang satu ini harus di brantas karna membawa penyakit. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*