Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam Secara Alami dan Tradisional

cara-mengatasi-rambut-rontok-secara-alami-bagian-2Sapujagat.com – Rambut kering merupakan salah satu tanda kerusakan rambut, untuk itu anda perlu mengatasinya agar rambut anda menjadi lebih indah. Rambut kering merupakan ciri-ciri rambut yang kurang ternutrisi dan kurang kelembapan.

Bebeberapa yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering :
1. Karena salah dalam merawat rambu seperti terlalu sering memakai shampo, menggunakan alat penata seperti hair dryer dan hot roller
2. Akibat dari sinar matahari yang terlalu panas dan menyengat
3. Karena penggunaan pewarna yang mengandung zat kimia keras
4. Akibat klorin di kolam renang maupun air panas
Inilah tips Cara mengatasi rambut kering dan kusam secara alami :
 
Mengatasi rambut kering dengan Lemon
 
Lemon bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut yang kering. Caranya adalah ambil air lemon dengan cara diperas, kemudian campurkan 2 sendok air lemon dengan dengan satu sendok madu. Oleskan ramuan tersebut keseluruh bagian rambut dari mulai akar sampai ujung rambut. Lalu biarkan selama 1 jam dengan ditutupi handuk hangat dan biarkan lalu bilas rambut dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mengatsi rambut kering.
Mengatasi rambut kering dengan Alpukat
 
Alpukat ini bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering. Caranya ambil daging buah alpukat lalu haluskan sampai halus dan berbentuk seperti pasta, anda bisa menghaluskannya dengan sendok maupun dengan menggunakan blender. Setelah membentuk seperti pasta, oleskan alpukat tersebut ke seluruh bagian rambut dari mulai kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan rambut selama 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.
Mengatasi rambut kering dengan Telur
Telur merupakan alternatif cara mengatasi rambut kering dengan bahan alami. Caranya : campur sebutir telur dengan setengah cangkir air hangat. Aduk dengan baik dan oleskan ke rambut anda secara merata. Mengoleskannya ke seluruh rambut silahkan untuk membilas rambut anda menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.
Mengatasi rambut kering dengan Mayones
Asam lemak pada mayones berfungsi untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut dan bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin.
Mengatasi rambut kering dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun hangat pada rambut yang basah sebelum berkeramas. Biarkan selama lima menit, kemudian berkeramaslah dengan shampo seperti biasa. Untuk menghangatkan minyak zaitun, gunakanlah microwave.
Untuk Merawat rambut kering, Anda bisa melakukan ini :
Hindari penggunaan shampo yang berlebih
Penggunaan shampo saat keramas merupakan penyebab utama rambut menjadi kering. Tentu tidak masalah jika memakai shampo 2 – 3 hari sekali namun, jika anda keramas dengan shampo setiap hari justru bisa menghilangkan minyak alami.
Menyisir rambut yang benar
Menyisir rambut saat basah bisa menyebabkan kerontokan rambut. Kondisi rambut yang masih basah bila langsung disisir akan mudah rapuh dan patah. Tunggu sampai kering atau bisa memakai handuk untuk mengusap rambut secara perlahan. Pilihlah juga sisir yang lembut, terutama yang memiliki karet di ujung-ujung anak sisirnya.
Memilih kondisioner yang cocok
Pilihlah kondisioner rambut yang tidak mengandung alkohol. Karena kandungan alkohol dapat membuat rambut semakin kering dan mengembang.
Vitamin B
Konsumsi vitamin B kompleks setiap hari. Kandungan biotin pada vitamin B kompleks akan menguatkan rambut. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dalam telur, kacang-kacangan dan pisang.
Membersihkan Rambut
Bersihkan rambut Anda setiap hari. Ini adalah hal paling sederhana untuk mengatasi rambut kering.
Itulah cara mengatasi rambut kering dan kusam secara alami dan tradisional, karna yang memakai bahan kimia lebih berbahaya sekaligus menjadi ketergantungan. Semoga bermanfaat

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*