Bahaya Terkena Erupsi Gunung Meletus, Pesawat Dilarang Melintas

t06_18348433Sapujagat.com – Pakar gunung api Peter Lechner meminta perusahaan penerbangan di kawasan tidak melintasi wilayah tersebut sampai erupsi mereda. “Belum ada tanda-tanda aktivitasnya menurun sampai sekarang asap masih terlihat,” ujarnya yang dikutip dari Merdeka.com.

Gunung bawah laut bernama Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di perairan Samudera Pasifik kini sedang aktif. Erupsi terjadi saban jam, menyebabkan hujan abu serta semburan air panas hingga puluhan meter.

Surat kabar New Zealand Herarld, Selasa (13/1), menyatakan kondisi gunung ini sangat berbahaya bagi penerbangan. Asap membumbung hingga ketinggian 9 kilometer dari permukaan laut.

Dinas Vulkanologi Tonga pun berkoordinasi dengan Selandia Baru untuk mengubah arah penerbangan beberapa maskapai di kawasan ini. Misalnya Air New Zealand dan Fiji Airlines, kini berusaha menghindari jalur Gunung Hunga Ha’apai.

“Lautan seperti menyala dan air menyembur sangat tinggi bersama material vulkanik. Seandainya dilihat dari jauh sebetulnya sangat indah,” kata Chris Egan, warga negara Tonga.

Gunung dasar laut yang sedang tumbuh ini pertama kali meletus pada 2009. Posisinya 65 kilometer sebelah tenggara dari Ibu Kota Nuku Alofa, Tonga.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*