Pembrantasan Ilegal Fishing Berdampak Positif Terhadap Harga Ikan di Pasar

antarafoto-Ikan200208Sapujagat.com – Meskipun saat ini harga ikan mulai naik, namun kenaikannya relatif lebih ‘jinak’ dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ketika sebelum ada aksi pemberantasan pencurian ikan.

“Pasokan ikan jadi banyak ke dalam negeri. Karena ada penangkapan kapal kan bikin ikan tak dibawa lari keluar,” ujar Rohid┬áseorang pedagang ikan di Pasar Senen, Jakarta Pusat kepada detikFinance, Minggu (11/1/2015)

Ikan jenis kakap merah dan putih, uwe, gerapu, serta senangin dijual pada kisaran Rp 40.000 per kg hingga Rp 50.000 per kg atau hanya naik Rp 2.000-5.000 per kg. Kenaikan ini jauh lebih rendah dibandingkan yang terjadi pada tahun lalu yang bisa mencapai Rp 10.000-15.000 per kg.

“Sejak 3 bulan yang lalu itu harga ikan sudah turun. Jadi kalau sekarang naik, nggak tinggi. Biasa saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, soal kondisi harga ikan yang terpenting adalah jumlah pasokannya. Bila pasokan terjaga, maka lonjakan harga tidak akan terjadi.

“Kalau pasokan aman itu harga stabil,” ujarnya yang di kutip dari Detik.com.

Rohid mengambil ikan dari Muara Karang, Jakarta Utara. Ia mengaku dagangannya cukup laris karena orang beralih dari daging sapi yang harganya masih sangat tinggi.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*