Manfaat Tidur Siang lebih baik Ketimbang Secangkir Kopi

14fbbe634ee21bd696ac2b1e27a6259d

Dalam penelitian yang dipublikasikan pada tahun lalu, baik tidur malam maupun siang hari dapat meningkatkan konsolidasi memori untuk pasangan kata yang tidak terkait. Misalnya, kata ‘pepper’ dan ‘elbow’. Artinya, tidur siang membantu untuk mengingat konsep, seperti dilansir dari laman Health.

Kita telah mendengar tentang manfaat dari kekuatan tidur siang. Tetapi adakah cara tidur siang yang baik dan yang buruk?  Masih ingat tidak, saat masih kecil dulu, orang tua seringkali mengharuskan anak-anaknya untuk tidur siang. Ternyata, masyarakat menganggap remeh tidur siang, terutama orang-orang dewasa di dunia kerja.

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa tidur siang memiliki manfaat kognitif. Dari peningkatan kewaspadaan hingga memperbaiki keterampilan motorik, serta konsolidasi persepsi dan memori. Namun, bagaimana seseorang bisa memanfaatkan manfaat baik itu dari memejamkan mata dengan singkat?

Studi lain ditemukan di Beijing University of Technology yang meneliti efek tidur siang pada atlet setelah pelatihan. Ditemukan, tidur siang dapat meningkatkan fungsi otak dan sistem visual, mendorong pemulihan fisik dan mental. Hasil dari penelitian lain yang serupa menunjukkan tidur siang memfasilitasi konsolidasi memori motorik.

Pada penelitian yang diterbitkan pada 2008, penulis Take a Nap! Change Your Life Sara Nednick dari University of California membandingkan manfaat 200 miligram kafein (secangkir kopi) dengan 60 sampai 90 menit tidur siang di siang hari pada berbagai tugas memori.

Mereka menemukan tidur siang umumnya meningkatkan kinerja memori, sedangkan kafein tidak memengaruhi atau memperburuk kinerja.

Peneliti melihat kafein memblokir konsolidasi materi baru ke dalam memori jangka panjang dengan meningkatkan level neurotransmiter yang disebut asetilkolin di dalam hippocampus. Hippocampus adalah neurotransmiter sama yang akan menurun secara alami selama tidur dalam gelombang lambat.

Manfaat tidur siang bahkan membujuk beberapa perusahaan mengizinkan karyawan mereka tidur siang di tempat kerja. Awal tahun ini, perusahaan perangkat lunak Hubspot merancang ruangan tidur siang di kantor mereka di Masschusetts. Mereka meletakkan tempat tidur gantung dengan pencahayaan redup di ruangan tersebut.

Menurut juru bicara Hubspot Alison Elworthy kebijakan itu menuai sukses besar. Membantu terutama bagi orang tua baru yang tidur malam mereka terganggu, atau karyawan lain untuk pulih dari jetlag.

“Orang-orang sangat bersemangat memakainya, dan mereka tidak menyalahgunakan kebijakan sama sekali,” katanya.

Namun, kebijakan tidur siang ini, tak selamanya menuai hasil baik. Ada juga laporan mengatakan bahwa tidur siang menyebabkan karyawan mengulur-ulur waktu untuk menunda bekerja di beberapa perusahaan di Inggris. Serta penurunan 30 persen produktivitas pada sebuah perusahan berbasis teknologi start up di Toronto.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*