Cuaca Mendukung Hari Ini, Ekor AirAsia Ditarget Bisa Diangkat

013880600_1420632784-ekor5Sapujagat.com – Dalam proses pengangkatan ekor AirAsia, tidak hanya KRI Banda Aceh saja yang terlibat, tetapi ada 6 kapal disekitar lokasi yang telah siap memberikan dukungan operasi sepenuhnya dalam bentuk pencarian, pengangkatan dan evakuasi.

Tim penyelam gabungan operasi pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ-8501 Jumat pagi ini (9/1) menargetkan bisa mengangkat bagian ekor pesawat nahas tersebut. Dengan memanfaatkan kondisi cuaca yang kondusif pagi ini diharapkan bagian belakang pesawat itu bisa diangkat.

“TNI sudah menyiapkan proses pengangkatan ekor AirAsia Jumat pagi dimulai sekitar pukul 05.00 WITA,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko yang memimpin langsung upaya pengangkatan ekor AsiaAsia di perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah, Kamis (8/1) yang di kutip dari CnnIndonesia.

Moeldoko mengatakan proses pelaksanaan operasi pengangkatan bagian ekor AirAsia belum berhasil diangkat karena faktor arus yang deras. “Persoalan arus bawah laut yang cukup deras menjadi kendala pengangkatan, karena arus berubah menjadi 4 sampai dengan 5 knot, padahal arus yang baik itu hanya jam 05.00 sampai jam 11.30,” tutur Moeldoko.

Kondisi tersebut, ujar Moeldoko, sangat menyulitkan dan bisa mengancam tim penyelam yang sedang bekerja. “Jadi keamanan itu tidak mendukung,” kata Moeldoko yang saat ini masih berada di KRI Banda Aceh dalam memimpin operasi pengangkatan tersebut. “Sekitar pukul 11.30 WITA pengangkatan tersebut dihentikan,” lanjutnya.

Terkait dengan tim penyelam, Moeldoko mengungkapkan bahwa tim yang dibentuk merupakan tim khusus yang terlatih betul dan dipersiapkan dengan baik. “Jumlah personel tiap-tiap tim berjumlah 7 orang, dan disiapkan 3 unit yang akan bekerja,” ujarnya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*