Cara Atasi Jarum Bensin Rusak Sebelum Jadi Masalah

speedometer-vixionSapujagat.com – Jarum bensin tidak mungkin bisa berfungsi tanpa sumber listrik atau aki. Periksa kondisi aki motor dengan cara menekan tombol klakson atau electric starter.

Selain aki, periksa juga kondisi pelampung bensin. Untuk mengecek keadaan komponen yang satu ini buka peranti besi yang berada di sebelah tutup bensin dengan obeng plus. Lepas soketnya dan sambungkan dua kabel yang menganga di dalamnya dengan jumper atau penghantar listrik lain. Jika jarum speedometer bergerak, berarti pelampung bensin bermasalah.

Pelampung bensin bisa rusak atau merenggang karena tekanan saat pengisian bensin ke dalam tangki. Bisa diatasi dengan mengikat atau menambahkan cincin, namun akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru.

Disamping kedua hal yang disebutkan diatas, jalur kelistrikan yang terhambat juga bisa mengakibatkan jarum bensin tidak bekerja. Cek jalur kabel yang menggerakkan jarum tersebut dengan menggunakan alat pengukur arus.

Jika semua hal tersebut diatas masih bekerja dengan baik, maka hanya ada satu kemungkinan. Yaitu ada bagian pada speedometer yang rusak dan mengganggu kerja jarum bensin. Perbaiki atau ganti speedometer motor dengan yang baru untuk mengatasi hal tersebut.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*