Alat Ini Mampu Angkat Bangkai Pesawat AirAsia di Dasar Laut

288882_lifting-bag-saat-mengangkat-kapal-yang-karam-_663_382Sapujagat.com – Proses pengangkatan badan pesawat dari dasar laut bukan hal yang baru bagi tim SAR Indonesia. Beberapa bangkai kapal karam di laut pernah berhasil diangkat.

Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo menyatakan enam kapal disiapkan untuk menyisir lokasi ditemukannya ekor AirAsia QZ8501. Diduga bagian badan pesawat pun berada di lokasi yang sama.

“Semua proses berjalan tapi tahapan sejak minggu lalu sudah mencari-cari berbagai kemungkinan. Termasuk pengalaman yang pernah Indonesia lakukan dalam mengangkat kapal-kapal yang karam, salah satunya mengangkat (kapal) yang 200 ton,” terang dia.

Lanjut dia, skenario pengangkatan bagian badan Pesawat AirAsia yang tenggelam di dasar laut dengan cara diikat balon udara. Kemudian balon itu dipasangkan di badan kapal agar tertarik ke atas permukaan laut.

“Kira-kira dengan cara diikat dibarang atau benda di dasar laut. Kemudian dikembungkan dengan gas sehingga barang naik ke atas,” pungkas Menko Kemaritiman Indroyono yang di kutip dari Merdeka.com.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*