Serie A : AC Milan vs Sasuolo, loyo di kandang sendiri

20150107081401_AC_Milan_SAssuolo1.jpg

Bermain di kandang sendiri dan sempat unggul terlebih dahulu, AC Milan akhirnya harus mengawali laga perdana di tahun 2015 dengan kekalahan dari tim tamu Sassuolo dengan skor 2-1, Selasa (6/1) malam WIB, dalam lanjutan giornata 17 Serie A Italia.

Unggul cepat melalui Andrea Poli di awal laga, Milan gagal meningkatkan performa setelahnya. Lini belakang mereka mampu dieksploitasi oleh Sassuolo sehingga dua gol balasan tercipta melalui aksi gemilang Nicola Sansone dan Simone Zaza.

Kekalahan ini jelas mengecewakan pasukan Filippo Inzaghi yang berambisi menembus posisi empat besar. Mereka masih tertahan di urutan tujuh klasemen dengan koleksi 25 poin. Sementara Sassuolo menguntit tiga tingkat di bawah Milan, namun dengan selisih hanya dua angka.

Babak Pertama

Milan langsung mendominasi jalannya babak pertama seiring Sassuolo terlihat lebih senang duduk di belakang. Hal ini membuat tuan rumah punya kesempatan lebih awal untuk mencetak gol dan hasilnya langsung tercipta di menit kesembilan.

Giacomo Bonaventura mengirimkan crossing berbahaya ke Stephan El Shaarawy di kotak penalti sebelum langsung dihalau oleh Marcelo Gazzola. Namun, bola liar cepat dikuasai Andrea Poli yang langsung menceploskan bola tanpa bisa dibendung Andrea Consigli. Milan unggul cepat!

Di pertengahan babak pertama, Sassuolo perlahan bangkit dengan Domenico Berardi dan Simone Zaza sebagai motor serangan. Di menit 26, Sassuolo hampir mencetak gol ketika Zaza mampu mencuri bola dari Michael Essien dan mengirimkannya kepada Nicola Sansone. Namun tembakannya berhasil diblok Alex.

Dua menit berselang, barulah Sansone bisa tersenyum lebar. Usai terlepas dari penjagaan Adil Rami, Sansone mampu mengontrol umpan lambung Berardi menggunakan dadanya sebelum melepaskan tembakan yang gagal dihadang Diego Lopez untuk menyamakan skor.

Gol penyama itu ternyata membuat Sassuolo terus bernafsu mencetak gol, seperti upaya yang berturut-turut dilakukan Zaza dan Misiroli di menit 32 dan 33. Sejak kans bagus itu tempo permainan sedikit menurun sebelum wasit menyudahi babak pertama dengan skor 1-1.

Babak Kedua

Usai turun minum, Milan belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Tidak ada permainan agresif seperti yang mereka tunjukkan di 20 menit pertama. Milan memang menguasai jalannya permainan, namun mereka kesulitan menembus rapatnya lini belakang armada Eusebio Di Fancesco.

Situasi mejal ini membuat Filippo Inzaghi melakukan pergantian pemain. Sang rekrutan anyar yang dipinjam dari Atletico Madrid, Alessio Cerci, langsung diturunkan di menit 65. Dampaknya nyaris segera setelah Cerci mampu membuat kans emas dua menit setelah debutnya. Namun tembakannya bisa dipatahkan Consigli.

Sayang, di saat Milan mencoba mencari gol, mereka justru kecolongan akibat kurang konsentrasi di lini belakang. Hanya beberapa menit setelah peluang Cerci tersebut, Zaza mampu menaklukkan Lopez lewat sepakan voli nan spektakuler usai menyambar sepak pojok Berardi. Skor pun berbalik 2-1 dan sukses membuat San Siro sunyi senyap.

Kondisi tertinggal ini memaksa Milan bermain full-attack. Giampaolo Pazzini dan Ignazio Abate dimasukkan. Pazzini nyaris mencetak gol penyama ketika tembakan voli kerasnya di menit 75 masih bisa ditepis dengan gemilang oleh Consigli. Di sisa waktu normal hingga tambahan waktu lima menit, Sassuolo mampu meladeni serangan Milan untuk menutup laga dengan kemenangan 2-1.

 

Susunan Pemain:

AC Milan: Diego Lopez; Rami (Abate 74′), Alex, Zapata, De Sciglio; Poli, Essien (Cerci 65′), Montolivo; Bonaventura, Menez, El Shaarawy (Pazzini 71′).

Cadangan: Abbiati, Agazzi, Albertazzi, De Santis, Zaccardo, Muntari, Saponara, Mastour, Niang.

Sassuolo: Consigli; Gazzola, Cannavaro, Acerbi, Peluso; Biondini, Magnanelli, Missiroli; Berardi (Brighi 77′), Zaza (Floccari 88′), Sansone ( Floro Flores 85′).

Cadangan: Pomini, Polito; Antei, Bianco, Ariaudo, Terranova, Longhi, Chibsah, Pavoletti.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*